Kompas.com - 14/10/2021, 12:53 WIB
Ilustrasi ruang keluarga, karpet di ruang kelaurga Unsplash/Zac GudakovIlustrasi ruang keluarga, karpet di ruang kelaurga

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga sering berfungsi sebagai pusat sosial sebuah rumah seperti berkumpul, bersantai, dan mengobrol bersama anggota keluarga.

Lantaran menjadi pusat sosial, penting untuk memperhatikan lantai di ruang keluarga. Pasalnya, lantai tersebut akan sering dilintasi dan digunakan untuk duduk, bermain, bahkan tidur. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Memilih Warna Karpet untuk Ruangan

Untuk itu, lantai ruang keluarga harus lembut, nyaman, dan menenangkan. Demi memperoleh ketiga hal tersebut, banyak pemilik rumah yang menggunakan karpet di ruang keluarga. 

Apalagi, karpet dapat memberikan dampak besar pada ruangan seperti mempercantik ruangan, memberi kehangatan, juga mengurangi kebisingan.

Namun, memilih karpetruang keluarga tidak boleh asal. Ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan. 

Melansir dari The Spruce, Kamis (14/10/2021), berikut ini lima faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih karpet untuk ruang keluarga.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Selain Karpet, Ini 6 Benda yang Bisa Dibersihkan dengan Vacuum Cleaner 

Daya tahan

Karena lalu lintas ruang keluarga yang tinggi, karpet harus memiliki daya tahan yang tinggi atau tahan lama.

Untuk memastikan karpet tahan terhadap keausan, carilah karpet berkualitas tinggi yang memiliki garansi tentang keausan. 

Saat berbelanja karpet untuk ruang keluarga, uji cepat kualitas produk dengan menekuk sampel ke belakang. Jika alasnya mudah terlihat, karpet dengan kepadatan rendah memiliki kualitas lebih rendah dan akan hancur lebih cepat.  

Baca juga: Cara Memilih Ukuran Karpet untuk Kamar Tidur

Kemudahan membersihkan

Karena ruang keluarga adalah salah satu ruangan yang paling sering digunakan di rumah, tumpahan cenderung lebih sering terjadi ruang keluarga dibanding ruangan lainnya seperti kamar tidur

Halaman:


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.