Kompas.com - 10/10/2021, 11:07 WIB
ilustrasi serbet ilustrasi serbet

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat membersihkan dapur, dari meja dapur, wastafel, hingga kompor, terkadang beberapa orang menggunakan kain lap yang sama.

Padahal, sebenarnya hal ini tidak dianjurkan karena lap tersebut dapat memindahkan kotoran dari satu permukaan ke permukaan lainnya dan membuat lap dapur menjadi lebih cepat kotor, berbau, hingga lengket.

Baca juga: 3 Cara Mencuci Lap Dapur yang Kotor dan Bau 

Melansir dari The Kicthn, Minggu (10/10/2021), untuk membersihkan lap dapur, Anda dapat membersihkanya dengan beberapa bahan guna mengangkat semua kotoran yang pada lap. Berikut ini cara membersihkan lap dapur.

Bahan yang dibutuhkan

  • Sebuah panci besar
  • Sabun cuci piring cair
  • Cuka 
  • Sendok (atau sesuatu yang lain untuk diaduk) 

Baca juga: 5 Tips Menjaga Serbet agar Bebas Noda

Cara membersihkan lap dapur 

  • Isi panci besar 

Langkah pertama membersihkan lap dapur adalah menyiapkan panci, lalu isi air ke dalam panci setidaknya mencapai setengah atau tiga perempat panci. Selanjutkan, panaskan air di atas kompor. 

  • Tambahkan larutan pembersih 

Setelah itu, tambahkan satu atau dua sendok teh sabun cuci piring cair dan setengah cangkir cuka. Tunggu sampai air mendidih.  

Baca juga: Cara Ampuh Membersihkan Serbet Dapur dengan Sodium Percarbonate

  • Masukkan lap 

Setelah mendidih, masukkan beberapa lap dapur ke panci. Rendam lap dalam air mendidih selama 10-15 menit sambil terus mengaduk lap. 

  • Tiriskan 

Setelah 10-15 menit, angkat lap dapur dan matikan kompor. Peras lap dapur untuk meniriskan airnya, kemudian jemur lap dapur di bawah sinar matahari atau menggantung lap di rak pengering di ruang mencuci. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Kitchn
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.