Kompas.com - 10/10/2021, 07:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dikenal dengan desain yang mewah dan tak tertandingi, marmer bisa dibilang berada dalam urutan pertama batu alam terbaik di dunia.

Memiliki lantai marmer di rumah merupakan hal yang istimewa. Namun, berbeda dengan jenis lantai lainnya, lantai marmer membutuhkan tanggung jawab besar dan kehati-hatian untuk merawatnya.

Satu gerakan yang salah atau semprotan pembersih yang disalahgunakan dapat membuat lantai marmer yang semula murni dan mewah terlihat kusam, bahkan rusak. 

Untuk mencegah hal tersebut, berikut ini cara tepat dan mudah membersihkan lantai marmer dilansir dari My Domaine, Minggu (10/10/2021).   

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Tepat Membersihkan Meja Dapur Marmer

Seberapa sering harus membersihkan lantai marmer?

Lantai marmer yang memiliki area lalu lintas tinggi harus dibersihkan setidaknya setiap minggu. Jika lantai marmer berada di dapur, sebaiknya menghilangkan debu, kotoran, atau serpihan setiap hari atau beberapa kali seminggu untuk memastikan lantai tetap dalam kondisi prima.

Perlu diketahui, lantai marmer rentan tergores. Jadi, menjaga kebersihan adalah kunci untuk  lantai tetap bersih dan terawat. 

Baca juga: Meja Dapur Marmer Lebih Mudah Terkena Noda, Penyebab dan Solusinya 

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  • Pel debu
  • Handuk mikrofiber
  • Solusi pembersihan khusus marmer
  • Sealer marmer 

Membersihkan debu dan kotoran 

Sebelum mulai menyabuni lantai marmer, penting untuk menghilangkan debu dan kotoran terlebih dulu guna memaksimalkan pembersihan.

Marmer membutuhkan perawatan yang sangat tinggi. Faktanya, marmer memiliki tekstur yang lebih lembut dan lebih berpori daripada beberapa batu alam lainnya sehingga lebih rentan terhadap goresan. 

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Meja Dapur Marmer dengan Baking Soda

Dengan kata lain, bulu keras penyedot debu mungkin terlalu buruk untuk lantai marmer.

"Cobalah menghindari penyedotan debu karena bisa terlalu abrasif juga," kata Alex Varela, manajer umum Dallas Maids.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber My Domaine
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.