Kompas.com - 16/04/2021, 20:20 WIB
Ilustrasi serbet dapur. PIXABAY/CONGERDESIGNIlustrasi serbet dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena sering digunakan di dapur atau ruang makan, serbet kerap kali kotor terkena noda. Bahkan, meski sudah sering dicuci, tetap saja serbet bisa tampak kotor.

Mengapa demikian? Menurut Gwen Whiting dan Lindsey Boyd, pendiri The Laundress, ini karena biasanya serbet terbuat dari bahan katun atau linen.

"Sifat penyerap kedua kain membuatnya lebih rentan terhadap noda," kata Whiting dan Boyd seperti dikutip dari Martha Stewart, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Tak Hanya untuk Mencuci Piring, Ini Beragam Manfaat Spons

Akan tetapi, Anda bisa menjaga agar serbet tetap bersih dan bebas noda. Caranya adalah dengan sedikit perawatan ekstra.

Berikut ini beberapa tips menjaga agar serbet dapur Anda bebas noda.

1. Jangan langsung dicuci saat terkena noda

Jika Anda tidak membersihkan serbet sebelum mencucinya, Whiting mengatakan Anda melewatkan langkah penting.

"Untuk bintik-bintik kaya warna seperti noda anggur dan kopi, oleskan larutan penghilang noda ke area yang terkena, lalu taburkan pemutih berbasis oksigen yang aman untuk warna," terangnya.

Baca juga: Cara Mencuci Handuk agar Tidak Bau, Pakai Cuka dan Baking Soda

Kemudian, campurkan keduanya dengan sedikit air panas untuk membuat pasta dengan jari. Anda mungkin melihat noda berubah warna saat mulai terangkat, dan itu normal.

2. Jangan gunakan tisu dapur

Tergoda untuk menggunakan tisu dapur untuk membersihkan noda sebelumnya? Boyd menyarankan Anda untuk mempertimbangkan kembali.

"Selalu hindari penggunaan tisu dapur saat menghilangkan noda, karena dapat meninggalkan serat yang akan membuat noda lebih sulit dihilangkan," jelasnya.

3. Cuci bersih

Setelah Anda membersihkan noda pada serbet, Whiting mengatakan inilah saatnya untuk mencuci dengan baik.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X