Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2021, 14:00 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kamu pasti pernah mengalami dapur yang bau tak sedap setelah memasak. Hal ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, salah satunya karena adanya bau bawang.

Bahkan, bau bawang ini bisa berjam-jam dan berhari-hari bertahan meskipun sudah disemprot dengan berbagai pengharum ruangan.

Tapi, kamu tak perlu panik, ada lima cara alami menghilangkan bau bawang di dapur yang bisa kamu lakukan.

Melansir dari WikiHow pada Jumat (8/10/2021) berikut ini cara alami menghilangkan bau bawang di dapur.

Baca juga: Mesin Cuci Bau Jamur? Begini Cara Mudah Mengatasinya

Rebus kayu manis

Ambil satu atau dua batang kayu manis dan masukkan ke dalam panci berisi air. Panaskan air dengan api besar, didihkan. Biarkan campuran mendidih sebentar.

Dengan begini, aroma kayu manis akan menyebar di seluruh dapur dan membantu menyamarkan bau tidak sedap di dapur dan rumahmu.

Ketika melakukan tips ini, pastikan kamu memperhatikan jumlah air di panci. Gunakan banyak air agar panci tidak gosong.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Bawang pada Pakaian

Rebus baking soda

Kamu bisa juga menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau bawang di dapur. Ambil beberapa sendok makan soda kue dan campurkan dengan banyak air dalam slow cooker.

Nyalakan slow cooker menggunakan api kecil dan biarkan bagian atasnya mati. Soda kue yang dipanaskan akan membantu menghilangkan bau tak sedap di dapurmu.

Tak hanya menghilangkan bau, cara ini juga bisa digunakan sebagai pengharum ruangan. Dengan soda kue, coba tambahkan beberapa tetes vanila, beberapa sendok teh rempah-rempah favoritmu seperti kayu manis atau cengkeh, beberapa minyak esensial, dan beberapa iris lemon.

Baca juga: Lantai Bau Urine Hewan Peliharaan? Hilangkan dengan Semprotan Ini

Didihkan air lemon

Ilustrasi membersihkan peralatan makan dengan lemon.FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi membersihkan peralatan makan dengan lemon.

Metode ini akan membuat rumahmu beraroma jeruk yang menyegarkan. Caranya, iris lemon dan masukkan ke dalam panci berisi air.

Didihkan panci, lalu kecilkan api menjadi sedang. Asam dalam lemon akan membantu menghilangkan bau dari udara dan meninggalkan aroma yang harum.

Kamu juga bisa menggunakan cara ini dengan jeruk atau limau. Kandungan asam dalam setiap buah serupa dan akan memiliki efek yang serupa.

Baca juga: Simak, 5 Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Bak Cuci Piring

Gunakan cuka dan vanilla

Sebelum mulai memotong bawang, campurkan sedikit cuka dengan satu sendok teh ekstrak vanila. Letakkan di sebelah talenan atau area tempatmu memotong bawang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com