Kompas.com - 29/09/2021, 11:40 WIB
Ilustrasi ikan diskus UNSPLASH/Michael Rodock Ilustrasi ikan diskus

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika kamu sudah lama menggeluti hobi ikan hias, kamu pasti sudah tidak asing dengan ikan diskus yang dikenal sebagai raja ikan akuarium.

Ikan ini dikenal dengan warna sisiknya yang cerah dengan bentuk tubuh yang lebar membentuk lingkaran.

Ikan yang berasal dari lembah Sungai Amazone ini terkenal sulit untuk dipelihara. Namun banyak pula yang berhasil memeliharanya dengan perawatan sederhana.

Melansir dari The Buzz Land, Rabu (29/9/2021), berikut fakta menarik tentang ikan hias diskus.

Baca juga: 7 Ikan Berukuran Mungil yang Cocok Dipelihara di Akuarium Kecil

Salah satu ikan yang menantang untuk dipelihara

Ikan ini terkenal sangat sulit dipelihara dan mudah mati apalagi jika sudah terserang penyakit. Karenanya ikan ini tidak cocok dipelihara oleh pemula. Apakah kamu tertantang untung memeliharanya?

Membutuhkan banyak ruang

Ikan diskus bisa tumbuh hingga panjang 18 cm. Agar ia bisa tetap berenang bebas, sediakan akuarium dengan ukuran yang cukup besar. Ini juga akan membuat ikan lebih bahagia dan tidak stres.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Cocok untuk Akuarium Air Laut

Berenang dalam kelompok

Ilustrasi ikan diskusUNSPLASH/Silicon Valley Fishkeeping Ilustrasi ikan diskus

Di habitat aslinya, ikan diskus berenang dengan kelompoknya menuju arah yang sama dan sangat terkoordinasi.

Jika kamu ingin memelihara ikan diskus, sebaiknya kamu memeliharnya dalam jumlah banyak agar mereka tetap dapat berenang bersama kelompoknya didalam akuarium.

Ikan yang damai

Jika kamu memiliki beragam spesies ikan dialam satu akuarium, kamu tetap bisa memelihara ikan diskus di dalamnya. Ikan ini mudah bergaul dan cukup akur dengan ikan lainnya.

Baca juga: 5 Ikan Hias Air Laut yang Cocok Dipelihara di Akuarium

Memiliki umur yang panjang

Meskipun terkenal sebagai ikan yang sulit untuk dirawat dan dipelihara, jika perawatannya tepat, ikan ini bisa memiliki umur yang panjang. Ikan diskus yang sehat bisa hidup hingga 10 tahun lamanya.

Termasuk ikan nokturnal yang aktif di malam hari

Disiang hari mereka cenderung pemalu dan tidak terlalu aktif bergerak. Ikan diskus nyaman bergerak saat malan dan lebih menyukai aktfitas dimalam hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.