Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2021, 08:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda belakangan ini merasa penuh dengan tekanan, insomnia atau kesulitan tidur, hingga menderita tekanan darah tinggi? 

Jika ini yang Anda rasakan, Anda bisa melakukan terapi dengan memelihara ikan di akuarium yang ditempatkan di dalam rumah. Dilansir dari The Spruce Pets, Jumat (27/8/2021), sebuah studi yang dihelat pada akhir 1980-an telah menunjukkan bahwa menatap ikan akuarium mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah.

Berikut ini penjelasan mengenai manfaat akuarium di rumah bagi kesehatan mental dan fisik Anda.

Baca juga: Simak, Alasan Pentingnya Membersihkan Kotoran di Akuarium Ikan Hias

Para peneliti telah membandingkan efek hipnosis versus akuarium, akuarium tanpa ikan versus akuarium berisi ikan, dan tanpa akuarium versus memiliki akuarium.

Ilustrasi akuarium di rumah.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi akuarium di rumah.

Dalam semua kasus, kehadiran akuarium telah terbukti mengurangi tekanan darah. Selain itu, penurunan tekanan darah yang lebih besar terjadi ketika ada ikan di dalam akuarium, dibandingkan dengan akuarium yang didekorasi dengan menarik tetapi tidak memiliki ikan.

Bahkan, menonton video ikan yang berenang ke sana ke mari telah terbukti memiliki efek terapeutik.

Lansia yang terpapar akuarium yang diisi dengan ikan telah menunjukkan penurunan tekanan darah yang signifikan. Menonton ikan telah terbukti menenangkan anak-anak yang menderita gangguan hiperaktif.

Baca juga: Cara Membersihkan Akuarium yang Berkerak

Pasien gigi yang menjadi sasaran hipnosis versus akuarium telah mengalami manfaat yang sama atau lebih besar dari akuarium.

Penelitian lain menunjukkan bahwa pasien gigi membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit setelah menonton ikan di klinik dokter gigi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com