Kompas.com - 26/09/2021, 08:45 WIB
Ilustrasi akuarium di rumah. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTIlustrasi akuarium di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com- Memelihara ikan hias menjadi hobi yang populer dan menarik untuk dicoba. Jika kamu baru memulai hobi ini, beragam jenis ikan bisa kamu pelihara seperti ikan hias berukuran besar seperti koi dan arwana maupun yang berukuran kecil seperti cupang dan guppy.

Beberapa jenis ikan kecil seperti ikan Cupang mudah beradaptasi dan bisa bertahan hidup meskipun tidak adanya aerator. Memelihara ikan berukuran kecil juga sangat praktis karena perawatannya yang cukup murah.

Meskipun berukuran kecil, ikan hias ini memiliki corak yang cantik dengan warna yang terang. Mereka juga seringkali berenang dalam kelompok sehingga membuat akuarium terlihat lebih cantik.

Melansir dari kanal Youtube Arsipedia ID, Minggu (26/9/2021), 5 ikan hias air tawar berukuran kecil ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang baru menjalani hobi memelihara ikan.

Baca juga: Simak, Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Ikan Cupang

Jika kamu mencari ikan air tawar dengan bentuk ekor dan warna yang indah ikan cupang bisa menjadi pilihan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cupang berasal dari beberapa Negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan Vietnam.

Selain bentuknya yang cantik dan unik, ikan ini juga memiliki karakter yang cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Cupang terbagi menjadi 3 kategori yaitu cupang hias, cupang aduan dan cupang liar. Proses pemeliharaan ikan cupang cukup mudah, dia bisa bertahan hidup meski di akuarium dengan ukuran sempit, sedikit air dan tanpa adanya aerator.

Beri ikan cupang makan sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. Makanannya pun mudah didapat seperti larva nyamuk dan cacing.

Baca juga: Tips Agar Ikan Cupang Panjang Umur

Ikan molly balon

Ilustrasi akuarium di rumah.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi akuarium di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.