Kompas.com - 18/09/2021, 16:40 WIB
Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan, tanaman hias indoor. UNSPLASH/ANNIE SPRATTIlustrasi tanaman hias di dalam ruangan, tanaman hias indoor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Udara yang sangat panas membuat beberapa alat elektronik seperti AC dan kipas angin menjadi andalan. Namun, pada akhirnya menjadikan tagihan listrik yang meningkat pesat.

Sebenarnya, selain mengandalkan alat elektronik itu, ada hal mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi suhu panas, yakni dengan meletakkan beberapa tanaman di dalam ruangan.

Melansir dari Houzz, Sabtu (18/9/2021), banyak tanaman di dalam rumah akan menyerap udara hangat serta melepaskan oksigen dan uap air dingin ke udara melalui proses transpirasi.

 

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Mudah Dirawat di Kamar Kost

Tanaman bertindak dengan cara yang mirip dengan bagaimana manusia berkeringat, yaitu ketika udara di sekitar manusia dan tanaman memanas, keduanya melepaskan kelebihan air ke udara dari kulit atau daun untuk mendinginkan diri dan atmosfer di sekitar mereka.

Beberapa tanaman juga akan membantu mengeluarkan karbon dioksida dan racun dari atmosfer secara bersamaan. Semua ini dan mereka akan mempercantik interior paling sederhana dengan tidak banyak uang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut adalah beberapa tanaman yang dapat menjadi pilihannya.

1. Lidah buaya

Terkenal karena manfaat obatnya, terutama untuk masalah kulit seperti gigitan serangga dan luka bakar, sukulen yang luar biasa ini memiliki banyak kualitas berharga lainnya.

Baca juga: 5 Fakta Menarik tentang Tanaman Hias Aglonema

Kandungan air yang tinggi dalam daunnya berarti bahwa ketika terjadi, ia melepaskan uap air dingin yang menguap ke udara.

Karena juga menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen di malam hari, menyimpan tanaman lidah buaya di kamar tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Para ilmuwan mengatakan bahwa tanaman ini juga dapat membantu menghilangkan formaldehida dan benzena dari udara.

Agar tumbuh dengan subur, tanaman lebih menyukai jumlah sinar matahari yang sedang dan penyiraman secara tertatur di bulan-bulan hangat, tetapi sangat sedikit kelembapan selama musim hujan.

Halaman:


Sumber Houzz
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.