Kompas.com - 18/09/2021, 12:53 WIB
Ikan jantan akan menunjukkan janggut yang lebar ketika ngedok, sementara ikan betina lebih kecil. SHUTTERSTOCK/STOCK4289Ikan jantan akan menunjukkan janggut yang lebar ketika ngedok, sementara ikan betina lebih kecil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan cupang berkembang biak dengan bertelur. Ada beberapa tanda yang harus diperhatikan untuk mengetahui apakah ikan cupang hamil dan akan bertelur.

Dilansir dari Betta Care Fish Guide, Sabtu (18/9/2021), jika Anda tahu bahwa ikan cupang peliharaan Anda adalah betina, ia dapat dengan mudah hamil. Namun, kehamilan pada ikan cupang betina bukan kehamilan seperti yang kita pikirkan.

Ikan cupang tidak melahirkan keturunan hidup seperti yang dilakukan manusia atau mamalia. Sebaliknya, ikan cupang akan hamil dan bertelur.

Baca juga: Ini Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Akuarium Ikan Cupang

Proses pelepasan telur ikan cupang secara teknis dikenal sebagai "pemijahan." Banyak ahli ikan akan menggunakan istilah ini ketika menggambarkan cupang yang akan bereproduksi.

Ilustrasi ikan cupang.UNSPLASH/KYAW TUN Ilustrasi ikan cupang.

Telur ikan cupang belum dibuahi saat dilepaskan, dan tidak akan menetas menjadi bayi ikan sampai dibuahi oleh ikan cupang jantan. Pembuahan terjadi setelah telur diletakkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara mengetahui ikan cupang hamil

Pada ikan cupang, hamil telur paling sering disebut sebagai keadaan gravid. Tanda ikan cupang hamil yang paling umum adalah adanya garis-garis putih di sisi tubuhnya dan titik putih yang terlihat di perutnya.

Titik putih ini dikenal sebagai ovipositor dan merupakan organ yang bertanggung jawab untuk bertelur.

Baca juga: Ikan Cupang Ternyata Bisa Tidur, Ini Cara Tidurnya

Anda mungkin juga memperhatikan ikan cupang betina memiliki perut yang menonjol selain tanda-tanda putih ini. Peningkatan ukuran perut merupakan indikator kuat kehamilan, meskipun jika gejala lain tidak ada, ikan cupang mungkin mengalami sembelit atau kelebihan berat badan.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.