Kompas.com - 18/09/2021, 14:08 WIB
Ilustrasi minyak kelapa. FREEPIK/JCOMPIlustrasi minyak kelapa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Minyak kelapa dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan bagi manusia. Namun, banyak juga orang memberikan minyak kelapa untuk anjing dan kucing peliharaan, salah satunya agar bulunya sehat dan mengilap.

Sementara sebagian besar penelitian tentang minyak kelapa telah dilakukan pada manusia, hasilnya mungkin berlaku untuk anjing juga.

Dilansir dari Healthline, Sabtu (18/9/2021), berikut beberapa manfaat dan risiko minyak kelapa untuk anjing yang perlu dicermati.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini saat Mengajak Anjing Peliharaan Bepergian

1. Minyak kelapa membantu menangani masalah kulit anjing

Menggunakan minyak kelapa untuk mengobati kondisi kulit adalah praktik umum yang dilakukan terhadap anjing peliharaan. Efek positifnya kemungkinan karena sifat antibakteri dan anti-inflamasinya.

Ilustrasi anjing pudel. PIXABAY/CARAH_ Ilustrasi anjing pudel.

Satu studi menemukan bahwa minyak kelapa secara efektif menghidrasi kulit orang dengan xerosis, suatu kondisi yang ditandai dengan kulit kering dan gatal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penelitian ini dilakukan pada manusia, bukan anjing. Namun, banyak pemilik anjing dan dokter hewan mengklaim bahwa minyak kelapa dapat membantu mengobati kulit kering dan eksim pada anjing ketika dioleskan.

2. Dapat meningkatkan penampilan bulu anjing

Minyak kelapa dapat memperbaiki penampilan bulu anjing. Ketika dioleskan ke kulit anjing, minyak kelapa bisa membuat rambut lebih berkilau dan tidak mudah rusak.

Baca juga: 3 Tips Memilih Tempat Penitipan Anjing yang Baik dan Tepat

Ini karena asam laurat, asam lemak utama dalam minyak kelapa, memiliki susunan kimia unik yang memungkinkannya menembus batang rambut dengan mudah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Healthline
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.