Kompas.com - 18/09/2021, 16:02 WIB
Ilustrasi udara panas di rumah. SHUTTERSTOCK/FIZKESIlustrasi udara panas di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Udara di luar ruangan yang sangat panas, akan masuk ke dalam ruangan dan menghasilkan udara yang lebih panas di dalam rumah. Keadaan udara yang panas ini membuat banyak orang menyalakan AC untuk mendinginkan ruangan dengan cepat.

Namun, dilansir dari NCB News, Sabtu (18/9/2021) ada beberapa cara agar udara panas di luar ruangan tidak memasuki rumah dan menyebabkan kenaikan suhu yang signifikan.

Berikut beberapa cara sederhana untuk mencegah udara panas masuk ke dalam rumah.

Baca juga: Begini Cara Merawat Tanaman Saat Cuaca Panas

Ilustrasi jendela. FREEPIK/TOPNTP26 Ilustrasi jendela.

1. Gunakan tirai

Jika sinar matahari masuk melalui jendela Anda, itu akan membuat rumah Anda hangat.

Untuk mencegah panas masuk, gunakan tirai tipis agar menghalau sinar matahari yang sangat terik, namun tidak membuat ruangan terasa lebih sesak. Selain itu, tirai termal yang dirancang untuk menghalau panas bisa menjadi pilihan yang baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Gunakan kipas angin gantung

Untuk menghalu panas yang masuk ke dalam rumah adalah dengan menggunakan kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit. Namun, pastikan arahnya diatur dengan benar.

Saat Anda berdiri di bawahnya melihat ke atas, kipas harus berjalan berlawanan arah jarum jam, karena kipas akan menarik udara yang lebih dingin dari tanah dan meniupnya kembali pada Anda.

Baca juga: 5 Penyebab Kipas Angin Panas dan Terbakar

3. Biarkan udara dingin masuk di malam hari

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara tetap sejuk di malam hari, salah satu trik paling efektif adalah membuka gorden dan jendela saat matahari terbenam. Setelah matahari terbenam, suhu di luar akan turun, dan Anda dapat menggunakannya untuk mendinginkan rumah Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber NBC News
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.