Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membersihan Rumah yang Berkelanjutan Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 11/08/2021, 09:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perubahan musim adalah alasan sempurna untuk mencoba sesuatu yang baru, termasuk mengubah atau meningkatkan rutinitas pembersihan rumah menjadi ramah lingkungan.

Seperti diketahui, kebanyakan rutinas pembersihan rumah tidak berkelanjutan dan ramah lingkungan seperti menggunakan pembersih serbaguna berbahan yang merusak bumi serta menggunakan produk atau alat pembersih sekali pakai. 

Baca juga: Cara Ramah Lingkungan untuk Membuang Minyak Goreng

Untuk itu, pada cuaca atau musim panas ini, Anda harus mengubah rutinitas pemberihan yang buruk tersebut menjadi lebih ramah lingkungan. Caranya, dengan memanfaatkan cuaca hingga meningkatkan keberlanjutan rumah.

Dilansir dari laman Apartment Therapy, Rabu (11/8/2021), berikut ini lima cara meningkatkan rutinitas pembersihan rumah yang berkelanjutan, yang bisa dicoba selama cuaca atau musim panas sekarang ini. 

Baca juga: Manfaatkan Daun Mimba dan Daun Sirsak untuk Pestisida Ramah Lingkungan 

Beralih ke alat yang dapat digunakan kembali

Menukar produk dan alat pembersihan sekali pakai yang Anda gunakan dengan alat yang dapat digunakan kembali, seperti kain spons atau handuk mikrofiber, adalah langkah awal memulai rutinitas pembersihan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. 

Benda-benda tersebut bekerja sama bagus dengan handuk kertas favorit yang tidak ramah lingkungan, yang kerap Anda gunakan untuk membersihkan rumah

Baca juga: 7 Tips Membuat Rumah jadi Semakin Ramah Lingkungan 

Membuat pembersih sendiri

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kebanyakan produk pembersihan rumah menggunakan bahan-bahan yang merusak dan mencemari lingkungan hidup.

Sebagai solusi, sebaiknya menggunakan bahan pembersih yang mengandung bahan alami. Cuka putih dan sabun cuci piring, misalnya, merupakan pembersih kamar mandi yang efektif, baik lantai kamar mandi, dinding, maupun pemukaan kaca

Selain itu, cuka putih jug dapat membuat kaca dan jendela sebening kristal.  

Baca juga: 5 Cara Melakukan Perawatan Anjing yang Ramah Lingkungan 

Mengeringkan dan memutihkan pakaian dengan sinar matahari

Menfaatkan cuaca dan kekuatan matahari dengan membiarkan pakaian Anda mengering di udara daripada menggunakan mesin pengering pada mesin cuci.

Pakaian tidak hanya memiliki bau segar di luar ruangan, tetapi juga dapat menghemat sedikit penggunaan listrik selama hari-hari musim panas.

Tak hanya itu, menjemur pakaian di bawah sinar matahari juga dapat menjadi alternatif alami sebagai pemutih untuk mencerah pakaian putih.  

Baca juga: 9 Kebiasaan Ini Sering Dianggap Ramah Lingkungan, Padahal Tidak 

Ubah jadwal pembersihan 

Jika Anda melakukan pembersihan setiap akhir pekan, cobalah mengubah jadwal perubahan dan melakukan sedikit demi sedikit pembersihan selama seminggu.

Selain meringankan karena tidak mengerjakan secara menyeluruh, tentu saja hal ini juga menjaga rumah tetap bersih sepanjang hari. Dengan demikian, pada akhir pekan, Anda jauh lebih banyak untuk bersantai. 

Baca juga: 7 Ide Ramah Lingkungan untuk Rumah yang Berkelanjutan

Bersihkan sesuatu yang tidak terduga, seperti diffuser Anda

Pernahkah Anda berpikir untuk membersihkan diffuser minyak esensial yang ada di rumah? Selama diffuser digunakan, membersihkannya adalah suatu keharusan.

Untuk membersihkannya dengan tepat, Clean Mama menyarankan membongkar diffuser dan mengelap bagian dalam tangki air dengan kain mikrofiber basah atau kain katun lembut.

Selanjutnya, gunakan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol untuk menyeka piring yang ditemukan di bagian bawah diffuser dengan lembut. Terakhir, bersihkan bagian luar diffuser dengan kain lembap. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com