Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Membuat Kamar Mandi Kecil Tampak Besar dan Cerah

Kompas.com - 11/08/2021, 08:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi sering kali menjadi ruangan terkecil di rumah lantaran dianggap hanya digunakan untuk tempat mandi saja.

Padahal, kamar mandi memiliki banyak fungsi selain untuk mandi seperti melakukan perawatan diri hingga menenangkan diri layaknya di tempat spa.

Baca juga: Cara Membersihkan Tirai Kamar Mandi agar Bebas Jamur dan Lumut

Tak heran, banyak pemilik rumah yang menginginkan kamar mandi besar agar lebih leluasa bergerak. Sayangnya, hal ini sering kali terhalang keterbatasan lahan. 

Sebetulnya, ada banyak trik desain membuat kamar mandi kecil tampak besar, dari dekorasi, cermin, hingga tata letak. Trik ini bahkan tak hanya membuat kamar mandi terasa lebih besar, tetapi juga lebih cerah.

Melansir dari laman Homes and Gardens, Rabu (11/8/2021), berikut ini trik membuat kamar mandi kecil tampak besar dan cerah. 

Baca juga: 5 Tanda Lantai Kamar Mandi Harus Diganti 

Dapatkan penataan cerdas 

Kamar mandi kecil hanya sebagus tata letaknya, jadi perhatikan ide tata letak kamar mandi yang Anda mainkan dengan banyak perhatian terlebih dahulu.

Lihat apa yang mungkin dapat Anda lakukan dengan beberapa trik penataan atau tata letak. Misalnya, meski memiliki lantai terbatas, Anda bisa melattak lemari cermin tinggi di sebelah kiri kamar mandi. 

Lemari ini adalah ide penyimpanan kamar mandi kecil yang bagus karena dikemas dalam banyak ruang untuk merapikan barang-barang di kamar mandi. 

Baca juga: 8 Tanaman yang Ampuh Menghilangkan Bau di Kamar Mandi  

Pilih material mencerahkan 

Material atau bahan yang Anda pilih untuk skema kamar mandi sangat penting guna menciptakan seberapa terang atau gelap kamar mandi akan terasa. 

Contohnya, kamar mandi kecil menakjubkan yang dirancang Alison Henry Design Studio. Di kamar mandi kecil, ia membuat atap berupa skylight besar. 

Baca juga: 3 Jenis Shower Terbaik dan Berteknologi Tinggi untuk Kamar Mandi

Selain ide atap skylight, James Lentaigne, Direktur Kreatif di Drummonds mengatakan ide lantai kamar mandi yang ringan apa pun akan langsung mencerahkan ruangan. 

Material glamor dan reflektif seperti marmer, kaca, cermin, dan lapisan metalik dapat langsung memberi kemewahan dan menciptakan faktor wow di kamar mandi.

Material ini juga memiliki keuntungan tambahan untuk mencerahkan kamar mandi dengan memantulkan cahaya di sekitar ruangan. 

Baca juga: Aturan dan Cara Tepat Memasang Wallpaper Kamar Mandi agar Tahan Air 

Gunakan sudut kurva 

Kunci kamar mandi yang sukses adalah bagaimana mengalir secara visual. Hal ini termasuk skema warna kamar mandi, kohesi perlengkapan, dan bagaimana lantai dan dinding kamar mandi bekerja bersama.

Ketika ruang lantai sempit, Anda dapat menggunakan kurva atau garis lengkung untuk sudut ruangan. Tepi lengkungan pada bak mandi atau bathtub, shower, dan furnitur jauh lebih ramah serta menghemat ruang sehingga menambah aliran visual kamar mandi. 

Baca juga: Cara Membuat Pengharum Alami untuk Kamar Tidur dari Bunga dan Buah

Pilih cermin atau furnitur berwarna cahaya

Sudah menjadi rahasia umum bahwa cermin memiliki efek membuat ruangan menjadi besar. Untuk membuat kamar mandi kecil tampak besar, Anda dapat menggandakan ukuran kamar mandi menggunakan cermin di dinding dan furnitur cermin.

“Saya suka pergi ke kota dengan cermin di kamar mandi. Cermin secara alami membantu memantulkan cahaya serta menambahkan dosis kemewahan dan glamor yang indah,' kata desainer interior Samantha Todhunter yang berbasis di London, Inggris. 

Baca juga: Kesalahan Meletakkan Cermin yang Membuat Kamar Mandi Tampak Kecil

Cocokkan warna lantai dan dinding 

Corine Maggio, Pendiri CM Natural Design yang berbasis di California, Amerika Serikat, salah satu trik terbaik memberikan ilusi ruang pada kamar mandi kecil adalah menggunakan keramik lantai dan dinding kamar mandi dengan warna sama serta memiliki ruang penyimpanan di bawah meja rias. 

Tak hanya itu, menggunakan keramik lantai kamar mandi kecil heksagonal juga dapat menambahkan aspek dekoratif dan kontras dengan keramik dinding persegi putih pada area bathtub dan shower.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com