Kompas.com - 18/09/2021, 12:15 WIB
Ilustrasi pohon kelor, daun kelor. PIXABAY/ISKANDAR AB RASHIDIlustrasi pohon kelor, daun kelor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Daun kelor dikenal sebagai super food yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Anda pun dapat menanam pohon kelor di rumah untuk bisa menikmati manfaatnya secara langsung.

Apa itu tanaman kelor?

Dikutip dari Gardening Know How, Sabtu (18/9/2021), pohon kelor (Moringa oleifera) berasal dari kaki pegunungan Himalaya di India dan Banglades.

Tanaman yang mudah beradaptasi ini juga ditanam di seluruh India, Mesir, Afrika, Pakistan, Karibia, Filipina, Jamaika, Kuba, Asia Tenggara, hingga Amerika Serikat, yakni Florida dan Hawaii.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Kaktus Dalam Pot

Asalkan berada di kawasan tropis atau subtropis, pohon kelor akan tumbuh subur. Ada lebih dari 13 spesies pohon kelor dan semua bagiannya digunakan untuk makanan atau obat di berbagai belahan dunia.

Manfaat daun kelor untuk kesehatanPIXABAY/SVIBHANDIK Manfaat daun kelor untuk kesehatan

Biji kelor dimakan di beberapa kawasan seperti kacang tanah. Daun kelor umumnya digunakan untuk salad dan memiliki nilai gizi yang sangat tinggi, kaya akan vitamin dan antioksidan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara menanam pohon kelor

Pohon kelor tumbuh paling baik pada suhu antara 25 hingga 30 derajat celcius dan akan mentolerir beberapa embun beku ringan.

Pohon kelor lebih menyukai tanah berpasir atau lempung dengan drainase yang baik dan tingkat pH netral. Meskipun pohon kelor mentolerir tanah liat, namun jenis tanah ini tidak bisa digenangi air.

Baca juga: 6 Keunggulan Menanam Tanaman di Pot

Pilih lokasi yang cerah untuk menanam pohon kelor. Anda harus menanam biji kelor sedalam 2,5 cm, atau Anda dapat menanam stek cabang di lubang sedalam setidaknya 30 cm.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.