Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Hangat Vs Warna Dingin, Mana yang Lebih Baik untuk Ruangan?

Kompas.com - 12/09/2021, 10:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cat sering disebut sebagai cara termudah untuk mengubah tampilan ruangan, tetapi itu hanya berlaku setelah memilih warna

Seperti diketahui, terkadang memilih satu warna cat yang tepat bisa terasa menyulitkan. Namun, ada satu trik yang digunakan DIYers dan desainer untuk memutuskan warna cat yang tepat dengan lebih cepat.

Mereka hanya mencari tahu apakah membutuhkan warna "hangat" atau "dingin". 

Baca juga: Warna Cat dan Ide Dekorasi yang Membuat Suasana Hati Lebih Tenang

Menurut desainer Emily Henderson, warna-warna hangat dapat membuat ruangan terasa menarik dan berani karena memiliki energi alami yang menyenangkan. 

"Warna-warna dingin lebih menenangkan karena itu adalah warna-warna yang akan Anda temukan di alam," kata Henderson. 

Dengan memperhatikan kehangatan atau kesejukan warna, dapat mengatur suasana ruangan serta menyatukan detail lainnya dengan lebih mulus.

Melansir dari Real Simple, Minggu (12/9/2021), Henderson dan Julia Marcum dari Chris Loves Julia berbagi wawasannya tentang warna hangat dan warna dingin serta memilih warna terbaik untuk ruangan apa pun.  

Baca juga: Sedang Mencari Warna Cat? Ikuti Tips Psikologi Ini 

Apa itu warna hangat?

Menurut Henderson, nuansa hangat sebagian besar dapat didefinisikan sebagai oranye, cokelat, kuning, merah, merah muda atau pink, dan putih dengan nada hangat.

Dimungkinkan untuk memilih variasi yang sangat jenuh dari opsi ini, tetapi Henderson tidak akan mengesampingkan pilihan yang berani.

"Jika itu yang Anda inginkan, saya pikir mereka bekerja paling baik pada ruangan yang lebih kecil seperti kamar mandi dan kamar tidur," ucapnya. 

Baca juga: Pilihan Warna Cat Kamar Terbaik agar Tidur Nyenyak

Namun, selama menyukai warna itu, Anda dapat menggunakan pada ruangan mana pun, tetapi taburkan warna dingin untuk keseimbangan,

Marcum menyarankan menggunakan warna-warna hangat itu pada area umum di rumah. "Saya suka menjaga dapur dan ruang keluarga tetap hangat," ujarnya. 

Baca juga: Hati-Hati, Ini Warna Cat yang Mengandung Banyak Timbal

Marcum mengatakan ruangan tersebut akan memberikan banyak kenyamanan dan ketika berjalan ke dalamnya, Anda akan merasa santai. Ia juga merekomendasikan hasil akhir matte untuk penggunaan yang ramah keluarga.  

Untuk kombinasi warna, Henderson tertarik pada kombinasi blush dan mustard atau campuran cream hangat. Sedangkan Marcum memilih dinding terakota dikombinasikan dengan sofa hijau zaitun.

Baca juga: Pilihan Warna Cat yang Bisa Membantu Penjualan Rumah Lebih Cepat

Apa itu warna dingin? 

Di sisi lain, Henderson menggambarkan warna dingin atau cool sebagai biru, hijau, hitam, ungu, dan putih dengan nada dingin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com