Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Warna Cat Kamar Terbaik agar Tidur Nyenyak

Kompas.com - 03/09/2021, 15:52 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna adalah sebuah spektrum yang memiliki kemampuan untuk memengaruhi suasana hati setiap orang, termasuk tidur.

Jadi, warna cat yang diaplikasikan ke dinding kamar tidur bisa berpengaruh terhadap tidur seseorang.

Jika kamu merasa sulit untuk tidur atau mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka gunakan warna cat kamar tidur terbaik untuk tidur.

Baca juga: Pilihan Warna Cat yang Bisa Membantu Penjualan Rumah Lebih Cepat

Dilansir dari Tuck, Jumat (3/9/2021), berikut ini adalah warna cat terbaik untuk kamar tidur untuk membuatmu merasa nyaman untuk tidur.

1. Biru

Biru adalah warna cat kamar tidur terbaik untuk tidur yang pertama, karena ini adalah warna yang menenangkan dan memberi ketenangan kondusif untuk tidur.

Lebih dari itu, otak secara khusus menerima warna biru, berkat reseptor khusus di retina yang disebut sel ganglion (sekelompok badan sel neuron di sistem saraf tepi).

Dibandingkan dengan warna-warna yang lainnya, sel ganglion justru lebih sensitif terhadap warna biru.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Warna Cat yang Mengandung Banyak Timbal

Jadi, ketika sel ganglion melihat warna biru, mereka mengirim pesan ke otak bahwa kamu berada di lingkungan yang tenang, menurunkan detak jantung dan tekanan darahmu.

Menurut sebuah survei Travelodge terhadap 2.000 orang warga Inggris, mereka yang memiliki kamar tidur biru menikmati rata-rata 7 jam dan 52 menit tidur setiap malam.

Itu jauh lebih banyak daripada kebanyakan orang Amerika, mengingat CDC (pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat) menemukan sepertiga orang dewasa Amerika tidur kurang dari 7 jam secara teratur.

Mengecat kamar tidur dengan warna biru mungkin merupakan langkah menuju tidur lebih cepat atau tidur tidak terlalu larut malam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com