Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2021, 11:59 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Air merupakan salah satu faktor yang membuat berbagai tanaman bisa tumbuh dengan subur. Terlebih ketika menanam tanaman sayur, penyiraman harus diperhatikan, karena mereka membutuhkan air sebagai pendorong pertumbuhannya.

Namun, pertanyaan yang paling sering diajukan adalah, kapan waktu terbaik menyiram tanaman sayur? Apakah sama halnya dengan menyiram tanaman lainnya?

Melansir dari Gardening Know How, Sabtu (31/7/2021), waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah di pagi hari, saat masih sejuk. Ini akan memungkinkan air mengalir ke dalam tanah dan mencapai akar tanaman tanpa terlalu banyak kelebihan air yang hilang karena penguapan.

Baca juga: Bolehkah Menyiram Tanaman di Siang Hari Panas?

Penyiraman di pagi hari juga akan membuat air tersedia bagi tanaman sepanjang hari, sehingga tanaman lebih mampu menghadapi panas matahari.

Ada mitos berkebun bahwa penyiraman di pagi hari akan membuat tanaman rentan hangus. Ini tidak benar.

Pertama-tama, hampir semua wilayah di dunia tidak mendapatkan cukup sinar matahari yang cukup untuk tetesan air menghanguskan tanaman. Kedua, bahkan jika Anda tinggal di daerah di mana matahari sangat terik, tetesan air akan menguap dalam panas jauh sebelum mereka bisa memfokuskan sinar matahari.

Menyiram tanaman di sore hari

Terkadang, karena ada pekerjaan dan jadwal kehidupan, mungkin sulit untuk menyirami taman di pagi hari.

 

Baca juga: Trik Menyiram Tanaman Saat Cuaca Panas

Waktu terbaik kedua untuk menyirami kebun sayur adalah pada sore hari. Jika Anda menyiram sayuran di sore hari, panas hari seharusnya sudah berlalu, tetapi masih ada cukup sinar matahari yang tersisa untuk mengeringkan tanaman sedikit sebelum malam tiba.

Penyiraman tanaman di sore juga mengurangi penguapan dan memungkinkan tanaman beberapa jam tanpa matahari untuk mengambil air ke dalam sistem mereka.

Satu hal yang harus diperhatikan jika Anda menyiram di sore hari adalah memastikan bahwa daun memiliki sedikit waktu untuk mengering sebelum malam tiba. Hal ini karena daun lembap di malam hari mendorong masalah jamur, seperti embun tepung atau jamur jelaga, yang dapat membahayakan tanaman sayuran Anda.

Jika Anda menggunakan sistem irigasi tetes atau basah, Anda bisa menyiram sampai malam, karena daun tanaman tidak basah dengan bentuk penyiraman ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com