Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2021, 18:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti halnya hewan, tumbuhan membutuhkan air untuk bertahan hidup dan berkembang. Akan tetapi, tak hanya asal menyiram saja, Anda harus mengetahui kapan waktu paling baik untuk menyiram tanaman tersebut.

Melansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (29/7/2021), para ahli merekomendasikan siram dengan teratur untuk tanaman di luar ruangan selama musim tanam, kemudian lebih sedikit air di musim hujan.

Di dalam bagian tumbuhan, sebagian besarnya adalah air, yakni sekitar 90 persen. Hal ini mengartikan jika mereka membutuhkan cukup banyak air untuk bertahan hidup.

Baca juga: Trik Menyiram Tanaman Saat Cuaca Panas

Untuk itu, ketika tidak ada hujan, siram tanaman Anda untuk menjaga tanaman tetap terhidrasi.

Air memasuki tanaman melalui akarnya, berjalan ke batang tanaman dan masuk ke daun untuk menghidrasi dedaunan. Tanaman yang disiram dengan baik memiliki tekanan air yang cukup untuk mengisi daun.

Ketika tanaman memiliki daun yang kuat, mereka terhidrasi dengan baik. Sebaliknya, ketika air yang tersedia untuk tanaman tidak mencukupi kebutuhannya, tekanan air di dalam sel tanaman turun. Tanaman layu, dan, pada waktunya, daunnya bisa mati.

Tumbuhan membutuhkan air untuk fotosintesis

Tanaman juga membutuhkan air untuk fotosintesis, yakni proses yang mereka gunakan untuk membuat makanan dari sinar matahari. Karena hewan mendapatkan sebagian besar energinya dari tumbuhan, fotosintesis dapat dipandang sebagai pusat dari semua kehidupan di bumi.

Baca juga: Tips Menyiram Tanaman yang Benar dan Tidak Berlebihan

Fotosintesis terjadi di daun hijau tanaman, dan untuk membuat glukosa, dibutuhkan kombinasi energi dari sinar matahari, air dari tanah dan gas karbon dioksida dari udara. Tanaman serta semua organisme hidup lainnya bergantung pada glukosa untuk energi.

Jika tanaman tidak mendapatkan cukup air, ia tidak dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk hidup dan tumbuh.

Kapan menyirami tanaman? 

Alam akan menyediakan air dari curah hujan untuk tumbuhan, namun pada musim panas, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Saat itulah pemilik tanaman harus menyiram sesuai dengan kebutuhannya.

Namun, kapan waktu terbaik untuk menyiram tanaman

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com