Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suara-suara Apa yang Didengar Kucing? Ternyata Ini

Kompas.com - 29/07/2021, 16:02 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing terkadang adalah makhluk yang tidak bisa dipahami dengan mudah. Anda mungkin menemukan mereka duduk terdiam di sudut melihat ke dinding, atau bertingkah seperti mereka mengejar sesuatu yang tidak ada di sana, atau berlarian di sekitar rumah seperti mereka melihat hantu.

Dilansir dari Cuteness, Kamis (29/7/2021) berbeda dengan manusia, kucing memiliki indra yang berbeda dari manusia.

Misalnya, pendengaran kucing, mereka dapat mendengar dengan sangat jelas dibanding manusia, dan mereka dapat mendengar hal-hal yang tidak bisa didengar oleh manusia.

Baca juga: Alasan Kucing Takut dengan Mentimun, Jangan Coba Mengejutkannya

Cara kerja pendengaran kucing

Bentuk dan posisi telinga kucing memungkinkannya untuk mendengar dengan sangat baik. Telinga luar kucing besar, tegak, dan berbentuk kerucut.

Bentuk telinga luar kucing, yang disebut pinna, menangkap gelombang suara dan menyalurkannya melalui saluran telinga ke gendang telinga. Pinna dikendalikan oleh 30 otot, yang memungkinkannya berputar 180 derajat. Sebaliknya, anjing memiliki sekitar 18 otot yang mengontrol pinna mereka.

Kucing dapat mengontrol setiap pinna telinga secara mandiri, sehingga mereka dapat memutar setiap telinga untuk menentukan sumber suara.

Bentuk corong saluran telinga kucing yang lebih dalam dan lebih runcing terdengar lebih dalam ke telinga dengan lebih efektif. Telinga bagian dalam kucing memiliki tiga tulang kecil, palu, landasan, dan sanggurdi, yang berfungsi seperti telinga manusia.

Baca juga: Kenapa Kucing Menyukai Benda-benda yang Bau?

Apa yang bisa didengar kucing?

Telinga kucing dapat memperkuat gelombang suara dua atau tiga kali untuk frekuensi antara 2.000 dan 6.000 siklus per detik, juga dikenal sebagai Hertz (Hz).

Rentang frekuensi pendengaran normal untuk manusia adalah 20 hingga 20.000 hertz. Dalam desibel, manusia dapat mendengar kisaran suara normal 0 hingga 180 dB, meskipun apa pun yang lebih dari 85 dB dianggap keras dan berpotensi merusak.

Manusia dan kucing sama-sama memulai jangkauan pendengaran mereka pada sekitar 20 Hz, tetapi kucing dapat mendengar frekuensi yang jauh lebih tinggi daripada yang manusia bisa, dan jauh lebih tinggi daripada yang bisa dilakukan anjing.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com