Kompas.com - 29/07/2021, 11:21 WIB
Ilustrasi bunga calendula. SHUTTERSTOCK/MIGUEL MPIlustrasi bunga calendula.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat bunga di taman dapat memberikan banyak manfaat, seperti menjadikan lingkungan rumah semakin indah, hingga bisa memanfaatkan bunga atau tanaman itu sendiri.

Seperti halnya ketika Anda menanam tanaman bunga edibel yang bisa menjadikan masakan lebih menarik dan tentunya bisa dikonsumsi.

Melansir dari Mind Body Green, Kamis (29/7/2021), memetik bunga yang bisa dimakan dari kebun organik Anda sendiri seringkali merupakan langkah yang lebih aman, karena Anda akan yakin bahwa bunga itu ditanam tanpa herbisida atau pestisida kimia.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Bunga Mawar yang Belum Diketahui

Namun, seperti biasa, Anda harus yakin bahwa bunga benar-benar dapat dimakan sebelum Anda meletakkannya di piring Anda. Anda juga harus mencuci semua bunga dengan hati-hati sebelum mengonsumsinya, dan cobalah gigitan kecil kelopak bunga baru terlebih dahulu, untuk berjaga-jaga jika Anda alergi.

Panen bunga Anda di pagi hari, tepat setelah mekar tetapi sebelum mulai layu, untuk rasa yang paling segar. Makan segera atau simpan dalam wadah berpendingin, letakkan di atas tisu basah, sampai Anda siap untuk disajikan.

Berikut adalah beberapa pilihan bunga yang bisa dimakan dan dapat ditanam dengan mudah di pekarangan rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Calendula

Calendula memiliki kelopak berwarna oranye tua yang mengemas rasa sedikit pahit. Selain bisa dijadikan untuk mempercantik sajian makanan, bunga ini juga dapat digunakan sebagai perawatan kulit, karena minyak bunganya menghidrasi dan kaya akan antioksidan.

Baca juga: 10 Tanaman Bunga Indoor yang Dapat Mencerahkan Ruangan

2. Nasturtium

Dari batang ke daun hingga biji hingga kelopak, semua bagian nasturtium dapat dimakan dan memiliki rasa pedas.

Kelebihan lainnya adalah ketika ditempatkan di samping tanaman lain yang dapat dimakan, mereka dapat melindunginya dari serangga seperti kutu daun.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.