Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Serangga Pengganggu yang Hidup dalam Rumah dan Cara Membasminya

Kompas.com - 16/07/2021, 16:10 WIB
Lolita Valda Claudia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran serangga di rumah tentu bukanlah kabar baik dan pasti menimbulkan keresahan bagi penghuninya.

Terlutama jika serangga-serangga tersebut membahayakan bagi kesehatan, bahkan menyebabkan alergi hingga gatal-gatal pada kulit.

Cara membasmi serangga pun berbeda-beda tergantung pada jenis dan habitatnya. Melansir dari Hunker, Jumat (16/7/2021) berikut hama yang hidup di dalam rumah dan cara membasminya.

Baca juga: Cara Mudah Menanam Daun Mint, Bisa Usir Serangga Sampai Tikus

1. Kecoak

Kecoak sering dikaitkan dengan tempat yang kotor dan kurang higienis. Ia sangat mudah ditemukan di tempat-tempat lembab yang jarang terjamah seperti pada kabinet dapur dan tumpukan barang di gudang.

Jenis serangga ini mampu bertahan hidup hingga seminggu tanpa kepala. Jika kamu menemukan kecoak di rumah, langkah awal yang harus dilakukan ialah membersihkan rumah.

Kecoak sangat menyukai remah-remah makanan, sehingga sebaiknya kamu membersihkan area yang dekat dengan sumber makanan seperti dapur dan area makan.

Kamu juga bisa mengatur ulang isi kabinet dapur dan menyingkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan untuk meminimalisir tempat bersembunyinya kecoa.

Baca juga: Catat, Serangga-serangga yang Bermanfaat di Halaman Rumah

Namun, jika kamu masih menemukan banyak kecoa di rumahmu, kamu bisa menggunakan umpan kecoa lalu letakkan di tempat yang aman jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Kecoa akan memakan umpan beracun dan membawanya ke sarang, umpan jenis ini dapat membasmi kecoa sampai ke sarangnya.

2. Lalat

Banyak sekali jenis lalat yang mengganggu seperti lalat buah, lalat hijau dan lalat rumah. Namun jenis lalat limbah seringkali ditemukan hidup dan berkembang biak di kamar mandi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com