Kompas.com - 22/06/2021, 17:32 WIB
Ilustrasi ulat di taman. PIXABAY/JGGRZIlustrasi ulat di taman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di antara ratusan ribu spesies serangga, ada beberapa jenis serangga benar-benar bermanfaat untuk di halaman rumah Anda. Sejumlah serangga ini bermanfaat lantaran memangsa serangga yang merusak tanaman.

Selain itu, beberapa serangga juga membantu penyerbukan tanaman, sehingga tanaman akan sering berbunga atau berbuah.

Nah, apa saja serangga-serangga yang bermanfaat untuk tanaman di halaman rumah Anda? Dilansir dari Family Handyman, Selasa (22/6/2021), berikut di antaranya.

Baca juga: Cara Membasmi Hama Serangga pada Tanaman Hias Indoor

Ilustrasi kumbang.PIXABAY/JGGRZ Ilustrasi kumbang.

1. Kumbang dan serangga pemangsa lainnya

Di antara ratusan ribu spesies dalam ordo serangga Coleoptera (kumbang) dan Hemiptera (serangga sejati) terdapat banyak makhluk pemangsa yang memakan kerabat mereka yang pemakan tumbuhan.

Kumbang harimau, tentara, tanah, dan kumbang kecil, bersama dengan serangga pembunuh dan bajak laut, hanyalah beberapa serangga yang harus Anda sambut di taman di rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Lebah, tawon, dan semut

Semua spesies lebah adalah penyerbuk penting, yang sebagian besar bertanggung jawab atas tumbuhnya benih, kacang-kacangan, buah beri, buah-buahan, dan makanan nabati lainnya yang membentuk bagian bawah rantai makanan bagi manusia dan satwa liar. Jadi, jangan terburu-buru mengusir mereka.

Jangan khawatir dengan kehadiran tawon dan semut juga. Predator yang rajin, mereka terus berpatroli, membersihkan taman Anda dari hama.

Baca juga: DIY 5 Jenis Larutan Pembasmi Serangga di Rumah, Apa Saja?

3. Ulat

Kupu-kupu dan ngengat juga merupakan penyerbuk penting di taman Anda. Bahkan, ulat juga menarik kehadiran burung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X