Kompas.com - 23/06/2021, 21:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Permasalahan bau mulut tak hanya terjadi pada manusia, tetapi juga dialami kucing. Diketahui, bau mulut pada kucing merupakan pertanda mengenai kondisi kesehatan si kucing.

Menurut sejumlah ahli, bau aroma tak sedap dari mulut kucing ini mengindikasikan adanya penyakit periodontal, ginjal, pernapasan, diabetes, penyakit kulit, trauma pada bagian mulut, hingga luka.

Baca juga: Penyebab Kucing Sering Bersin

Meski begitu, bau mulut pada kucing umumnya disebabkan masalah higienitas karena mulut kucing tidak pernah dibersihkan atau disikat. Karena itu, mulut kucing menghasilkan aroma tak sedap.

Tak perlu khawatir, melansir dari berbagai sumber, Rabu (23/6/2021), ada sejumlah cara mengatasi bau mulut pada kucing. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga: Kucing Tidak Boleh Diberi Makan Tempe, Ini 4 Efek Buruknya

Berikan air mineral

Salah satu penyebab bau mulut pada kucing adalah dehidrasi atau kurang minum. Untuk mencegahnya, sebaiknya ganti mangkuk air dan bersihkan secara berkala.

Tak hanya itu, berikan air yang sejuk atau dalam suhu ruangan agar melegakan tenggorokan si kucing.

Baca juga: Telinga Kucing Seperti Korengan? Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya

Selain mencegah dehidrasi, meminum air secara teratur dapat membersihkan sisa-sisa makanan dan kotoran penyebab bau mulut pada kucing.

Kurangi memberikan daging mentah

Ilustrasi makanan kucing, kucing sedang makan.SHUTTERSTOCK/IMPACT PHOTOGRAPHY Ilustrasi makanan kucing, kucing sedang makan.

Cara mengatasi bau mulut pada kucing selanjutnya adalah menghindari memberikan kucing makanan daging mentah.

Daging mentah atau basah menjadi salah satu makanan favorit kucing. Namun, terlalu sering memberikan daging mentah, baik itu berupa ikan, ayam, maupun olahan daging lainnya dapat menyebabkan kucing bau mulut.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kucing Suka Bertengger di Atap Rumah

Sebaiknya, kurangi asupan daging mentah dan perbanyak memberikan makanan kucing kering untuk mencegah bau mulut berlebihan.

Bersihkan gigi dan mulut secara teratur

Menyikat gigi kucing secara teratur tidak hanya membantu mengurangi plak dan karang gigi, tetapi juga mengurangi bau mulut pada kucing.

Baca juga: 10 Ras Kucing yang Cocok Dipelihara di Apartemen, Persia hingga Sphynx

Saat membersihkan gigi kucing, lakukan di tempat yang nyaman dan menggunakan sikat dan pasta gigi khusus kucing. Jika tak memiliki peralatan tersebut, kamu bisa melakukan perawatan gigi di klinik hewan terdekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.