Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2021, 10:51 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan wajah setelah melakukan aktivitas seharian, merupakan hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan wajah dari bakteri. Untuk mengeringkan wajah setelah membersihkan wajah, Anda memerlukan handuk wajah.

Yang harus diperhatikan adalah handuk wajah yang sering digunakan bisa menjadi sarang bakteri dan kuman yang menumpuk jika tidak dibersihkan secara rutin.

Dilansir dari Martha Stewart, Kamis (17/6/2021), ada beberapa cara mencuci handuk wajah agar lebih bersih, seperti berikut ini.

Baca juga: Tips Memilih dan Merawat Handuk agar Tahan Lama

1. Cuci setelah tiga kali digunakan

Sangat penting untuk mencuci handuk wajah setelah digunakan setelah tiga kali, sebab handuk tersebut dapat menyerap air atau keringat dan menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri.

 

Ilustrasi handuk. FREEPIK/LIFEFORSTOCK Ilustrasi handuk.

Selain itu, tubuh manusia menghasilkan satu liter keringat, 10 gram garam, 40 gram minyak dan sebum, dan dua miliar Sel (sekitar 10 gram), serta ada jenis kotoran khusus lainnya yang dapat menumpuk pada handuk wajah, seperti lendir, ketombe, makeup, pelembap wajah dan tabir surya, produk telinga, air liur, dan perawatan rambut. 

Dengan demikian, mencuci handuk secara rutin menjadi suatu hal yang diharuskan.

2. Hindari penggunaan deterjen terlalu banyak

Meskipun Anda cukup melemparkan handuk muka ke mesin cuci dengan pakaian Anda yang lain, namun, jamur cenderung meningkat di lingkungan yang hangat dan lembap.

 

Baca juga: 4 Bahan yang Ampuh Melembutkan Tekstur Handuk

Jadi, handuk wajah basah yang ditinggalkan dalam tabung mesin cuci atau di bagian bawah keranjang cucian Anda memberikan keadaan yang tepat untuk bau jamur itu berkembang.

Untuk itu, hindari penggunaan deterjen yang terlalu banyak, karena akan meninggalkan residu di bagian bawah tabung mesin cuci dan menyebabkan jamur yang berkembang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com