Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2021, 12:58 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci handuk terlihat cukup sederhana, namun terkadang beberapa handuk yang telah dicuci menjadi kaku atau berbau tak sedap.

Bahkan ada beberapa masalah lainnya yaitu handuk memiliki noda abu-abu atau oranye kecokelatan walaupun sudah selesai dicuci.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (27/3/2021), jika Anda mencuci handuk dan baunya cukup harum saat keluar dari pengering. Namun ketika handuk basah memiliki bau tak sedap artinya handuk tidak terlalu bersih saat dicuci.

Baca juga: Berapa Kali Handuk Harus Dicuci? Ini Penjelasannya

Salah satu penyebab utama timbulnya bau adalah mesin cuci Anda tidak bersih dan kotoran serta bakteri menempel kembali pada handuk selama siklus pembilasan.

Sifat tenun dari kain terry atau handuk adalah memiliki tumpukan yang padat atau panjang serat yang lebih panjang untuk menyerap cairan. Jika cairan itu sendiri tidak bersih, itulah yang diserap kembali oleh handuk dalam siklus bilas.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Mulailah dengan membersihkan mesin cuci Anda dengan baik.

Penumpukan kotoran dan sisa deterjen serta pelembut kain dapat terjadi pada mesin cuci muatan atas tetapi paling umum terjadi pada mesin cuci muatan depan yang menggunakan lebih sedikit air.

Baca juga: Ini yang Akan Terjadi Jika Tak Sering Mengganti Handuk Mandi

Mesin cuci muatan depan juga rentan air tergenang di dalam setelah siklus dan ini dapat menyebabkan bau jamur yang berpindah ke kain penyerap yang tebal.

Setelah mesin cuci bersih, Anda bisa mengatasi bau pada handuk. Mulailah dengan mencuci handuk dalam siklus air panas tetapi jangan tambahkan deterjen.

Sebagai gantinya, tambahkan satu cangkir cuka putih suling ke dalam cucian. Cuka akan membantu menghilangkan timbunan deterjen, kotoran tubuh, dan pelembut kain yang tersangkut di kain.

Akhiri proses dengan pencucian kedua di air panas dengan deterjen biasa tetapi jangan tambahkan pelembut kain. Ini akan membuat mereka harum dan bersih bahkan saat lembab.

Selain itu, menggunakan air panas setiap mencuci handuk dapat mengurangi bau tak sedap. Dan pastikan handuk benar-benar kering sebelum melipat dan menyimpannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com