Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Handuk agar Tetap Bersih dan Tahan Lama

Kompas.com - 27/12/2020, 16:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci handuk tampaknya sepele, cukup dimasukkan ke mesin cuci, lalu dijemur. Namun demikian, ternyata ada cara yang dapat dilakukan agar handuk tetap bersih dan tahan lama meski sering digunakan.

Dilansir dari Martha Stewart, Minggu (27/12/2020), berikut cara mencuci dan mengeringkan handuk agar bersih dan tahan lama.

Langkah pertama dalam memaksimalkan efisiensi handuk sebetulnya harus dimulai segera setelah Anda membelinya. Pastikan Anda selalu mencuci handuk baru sebelum digunakan, karena akan membuka serat kain.

Baca juga: Ide Membuat Gantungan Handuk di Kamar Mandi

"Jika serat tidak terbuka, maka handuk tidak akan menyerap dengan baik," kata tim di Garnet Hill.

Handuk baru biasanya dilapisi pelembut kain, sehingga terasa nyaman dan lembut ketika dipegang oleh konsumen di toko. Akan tetapi, pelembut ini mencegah handuk menyerap air.

Untuk menghilangkan pelembut tersebut, tambahkan setengah gelas cuka putih saat membilas handuk di mesin cuci pada tahap pencucian pertama. Selain itu, saat pertama kali mencuci handuk, sebaiknya tidak perlu ditambahkan pelembut pakaian, untuk memastikan handuk menyerap air dengan baik.

Seberapa sering Anda harus mencuci handuk tergantung pada preferensi masing-masing. Meski demikian, tim di Garnet Hill merekomendasikan handuk dicuci setelah tiga hingga empat kali pemakaian.

Baca juga: Handuk Harus Dicuci Seminggu 2 Kali, Ini Sebabnya

Sebagian besar handuk harus dicuci dengan air hangat menggunakan mesin cuci. Namun, agar lebih yakin, sebaiknya baca petunjuk pencucian handuk.

"Jika label menekankan bahwa Anda harus memisahkan warna gelap dari warna putih, lebih baik Anda melakukannya. Setiap handuk bisa berbeda (teknik pencuciannya) tergantung seratnya," sebut tim di Garnet Hill.

Untuk menghindari serat di seluruh pakaian Anda, sebaiknya cuci handuk secara terpisah dari pakaian.

Adapun cara pengeringan handuk adalah, keluarkan handuk dari mesin cuci, kibas-kibas, dan keringkan dengan tingkat panas sedang. Setelah kering, segera angkat dan lipat.

Untuk menghindari bau apek, pastikan handuk Anda benar-benar kering sebelum melipat dan menyimpannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com