Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2020, 09:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Deterjen tidak hanya berfungsi untuk mencuci pakaian. Ternyata, deterjen pun merupakan bahan pembersih serbaguna yang dapat digunakan di rumah.

Ada beberapa manfaat deterjen yang bisa Anda aplikasikan di rumah, mulai dari mengatasi saluran air di dapur yang mampet hingga mencuci mobil dan mengepel lantai.

Nah, apa saja manfaat deterjen yang perlu diketahui? Dilansir dari Reader's Digest, Senin (30/11/2020), berikut penjelasannya.

Baca juga: Manfaat Kentang, Bersihkan Pisau Berkarat hingga Lensa Kacamata

1. Mengatasi saluran air mampet

Jika saluran air pada tempat mencuci piring di dapur mampet, jangan buru-buru memanggil tukang atau teknisi. Sebab, Anda bisa mengatasinya dengan deterjen.

Caranya, tuang seperempat cangkir deterjen cair ke saluran air, kemudian tuang air mendidih secara perlahan. Air panas dan deterjen yang licin bekerja sama melancarkan saluran air yang mampet.

2. Pembersih serbaguna

Campurkan sepertiga cangkir pemutih, sekitar 250 ml air, dan satu sendok teh deterjen bubuk. Cairan pembersih ini dapat dengan mudah membersihkan dinding dan permukaan kamar mandi, serta bagian lainnya di rumah.

3. Menghilangkan noda pada jok sofa

Sifat anti noda pada deterjen yang membantu membersihkan pakaian, juga bekerja pada kain pelapis dan karpet. Oleskan deterjen bubuk ke noda, lalu gosok perlahan dengan kain lembab untuk membersihkan noda.

Baca juga: 9 Manfaat Boraks, Bersihkan Lantai Kamar Mandi hingga Usir Semut

Tunggu selama lima menit, lalu bersihkan kelebihannya dan ulangi hingga noda hilang.

4. Mencuci mobil

Deterjen bekerja sangat baik untuk mencuci bagian luar mobil Anda karena mudah menghilangkan kotoran. Akan tetapi, pastikan untuk mengencerkannya, cukup satu sendok makan per ember air sudah cukup, dan gunakan deterjen ringan.

Bahan apapun yang terlalu kuat dapat merusak cat mobil.

5. Mengepel lantai

Enzim pembersih dalam deterjen bekerja sangat baik untuk menghilangkan kotoran dari lantai. Isi ember pel dengan air panas, lalu tambahkan satu sendok teh deterjen.

Pastikan memeras air sebanyak mungkin dari kain pel saat Anda mengepel. Jika terlalu basah, maka akan meninggalkan goresan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com