Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Dekorasi Kamar agar Tidur Lebih Nyenyak

Kompas.com - 27/12/2020, 15:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepertiga waktu dalam hidup kita dihabiskan untuk tidur dan beristirahat. Oleh sebab itu, penting untuk menciptakan kamar tidur sebagai tempat istirahat yang nyaman.

Ada beberapa hal yang bisa mengganggu kualitas tidur kita, seperti stres, alkohol, makanan tertentu, dan gaya hidup lainnya yang kurang sehat. Terganggunya kualitas tidur tentu saja dapat mengganggu kesehatan kita.

Jika Anda lupa kapan mengalami tidur yang nyenyak, ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kualitas tidur Anda ke kondisi yang baik.

Baca juga: 6 Inspirasi Dekorasi Kamar Tidur Remaja

Dilansir dari Homes to Love, Minggu (27/12/2020), berikut beberapa tips dekorasi kamar tidur agar Anda dapat tidur lebih nyenyak.

1. Pilih warna dengan bijak

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi warna di kamar dapat memengaruhi tidur. Dinding berwarna cerah bisa memicu indera Anda secara tidak sadar.

Pilih warna yang menenangkan untuk kamar tidur, seperti biru lembut dan merah muda, kuning, hijau atau putih. Warna-warna ini akan membantu Anda tertidur lebih cepat.

2. Pilih kasur yang baik

Tempat tidur yang nyaman dan bantal yang tepat sejauh ini merupakan barang terpenting untuk membantu Anda tidur dengan nyaman. The Sleep Health Foundation merekomendasikan untuk menjaga kepala dalam 'posisi netral', seperti yang Anda lakukan saat berdiri dengan postur yang baik.

Baca juga: Menempatkan Tanaman di Kamar Tidur Tidak Baik, Apa Iya?

Kualitas dan kenyamanan tempat tidur adalah rahasia untuk tidur nyenyak, jadi sebaiknya Anda berinvestasi di kasur yang berkualitas baik.

3. Bebaskan kamar tidur dari televisi

Banyak ahli tidur menyarankan bahwa paparan sinar biru dari televisi di malam hari adalah penyebab utama insomnia modern Menonton TV sebelum tidur akan merangsang otak secara berlebihan dan mempersulit Anda untuk mematikan dan melepas lelah.

Hal yang sama berlaku untuk laptop atau menambahkan meja kantor di kamar. Satu-satunya tujuan di kamar tidur adalah untuk tidur, jadi jauhkan semua gangguan dan godaan ini.

4. Minimalkan tumpukan barang

Usahakan untuk menjaga kamar tidur Anda tetap bersih dan rapi setiap saat. Pastikan tidak ada pakaian atau benda apa pun yang tergeletak lantai sebelum tidur.

Selain itu, jaga agar lemari pakaian tetap rapi dan pintunya tertutup di malam hari, dan usahakan untuk meminimalkan furnitur dan barang-barang Anda di ruangan ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com