Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2020, 14:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat merawat tanaman hias, pot bisa menjadi salah satu cara untuk menambahkan sentuhan dekoratif ke halaman rumah. Selain itu, pot tanaman juga bisa menjadi aksen dekorasi dalam ruangan.

Pot dan vas keramik yang indah adalah bagian penting dari dekorasi rumah, terutama jika Anda suka menanam tanaman hias indoor.

Namun, untuk luar ruangan, penting untuk dicatat bahwa jenis pot yang Anda pilih berpengaruh terhadap kesehatan tanaman.

Baca juga: 3 Cara Mengetahui Tanaman Perlu Disiram

Meskipun mungkin tergoda untuk menggunakan berbagai pot dalam ruangan yang sedang tren di balkon atau di taman, kenyataannya, banyak dari pot ini mungkin tidak cocok untuk menahan unsur-unsur nutrisi penting pada tanaman.

Bahkan, menurut penelitian Northcote Pottery, 61 persen dari kita tidak dapat membedakan antara pot dalam ruangan dan pot luar ruangan.

"Memilih pot yang tepat tidak hanya tentang gaya dan desain, tetapi juga penting untuk mempertimbangkan fungsionalitas pot dan bagaimana Anda akan menggunakannya di taman Anda. Pot luar ruangan dirancang dengan lubang di bagian bawah untuk memungkinkan air mengalir dengan bebas," kata Melissa King, ahli hortikultura dan duta Northcote Pottery, seperti dikutip dari Homes to Love, Minggu (27/12/2020).

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih pot yang tepat untuk tanaman.

Baca juga: Kombinasikan Tanaman Hias dengan Art Pot untuk Dekorasi Rumah

1. Pot tanah liat

Pot terakota adalah pilihan klasik untuk pot luar ruangan. Pot ini tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, serta sangat cocok untuk menanam berbagai macam tanaman.

Dengan warna sederhana dan tampilan abadi yang sesuai dengan berbagai gaya desain interior dari rumah bergaya Mediterania hingga rumah bergaya pedesaan, pot ini cocok diletakkan sendiri atau berkelompok.

"Pot terakota memiliki pori-pori, memungkinkan udara dan air melewati dinding pot, jadi ini adalah pilihan ideal untuk tanaman yang menyukai tanaman kering seperti rosemary dan oregano atau tanaman bergaya Mediterania seperti geranium dan lavender," sebut King.

Namun, perlu diketahui bahwa pot tersebut rentan terhadap cuaca dingin dan dapat retak dalam kondisi ekstrim.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com