Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kombinasikan Tanaman Hias dengan Art Pot untuk Dekorasi Rumah

Kompas.com - 16/11/2020, 17:26 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menciptakan nuansa cantik pada interior rumah bisa dilakukan dengan bermacam cara, salah satunya memasukkan tanaman hias ke dalam ruangan.

Tanaman hias yang ada dalam ruangan bisa menjadi sebuah aksentuasi pada interior, yang juga berfungsi menciptakan nuansa asri dan menyegarkan.

Namun, memasukkan tanaman ke dalam ruang rumah harus ditata dengan ciamik. Desainer Interior, Diana Nazir, menyarankan tanaman hias yang dipajang di dalam rumah harus diletakkan di sebuah pot yang memiliki nilai artistik.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Meja Kerja

Contohnya tanaman hias bisa diletakkan di art pot. Hal itu disampaikan Diana dalam rangkaian acara festival tanaman hias Urban Jungle Casa Indonesia x Tokopedia secara virtual, akhir pekan lalu.

"Satu tips untuk mendadani interior rumah kamu, kita pilih bagian yang sangat menjadi favorit di mana kamu meletakkan art pot koleksi kesayangan kamu, karena artpot koleksi kamu spesial jadi tanaman yang ada di sekitar kamu tuh harus spesial," jelas Diana.

Tanaman dan art pot yang dipadukan dikatakan Diana tidak harus besar. Ukuran art pot dan tanaman hias yang kecil tak masalah untuk membuat keseimbangan yang menarik antara art pot dengan tanaman.

Jenis tanaman yang dipilih sebaiknya yang memiliki manfaat positif untuk ruangan dan mudah untuk dirawat. Kamu bisa memajang tanaman Lavender, Geranium maupun Chrysantemum.

Baca juga: 6 Tips agar Tanaman Hias Tetap Sehat

Selain itu kamu pun juga bisa memilih tanaman lidah mertua dan lidah buaya yang dapat menyerap polusi udara dengan baik.

Terkait berapa banyak jumlah tanaman yang ingin dipajang di dalam rumah, hal tersebut tidak ada batasannya selagi terlihat menarik.

"Dan catatan pentingnya adalah bisa buat juga pot tanaman menjadi spesial untuk meletakkan tanaman kalau bisa dilukis langsung oleh artisan, sehingga pot ini mempunyai nilai yang lebih, kamu bisa matchingkan (sesuikan) sama koleksi kamu," tambah Diana.

Diana menyarankan art pot yang dipilih kombinasi dari bentuk bulat dan kotak, sehingga menjadi komposisi yang baik dari tingginya tanaman dan bentuk daun-daun yang ada.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com