Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membeli Kulkas

Kompas.com - 27/03/2021, 11:20 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika hendak membeli perangkat elektronik baru seperti kulkas, hal ini biasanya membuatmu perlu melakukan pertimbangan matang dan memilih-milih beragam jenis dan merek.

Berhati-hati dalam menentukan pilihan kulkas yang akan kamu beli adalah sebuah keharusan, mengingat barang satu ini seharusnya bertahan paling lama di rumahmu.

Namun, sayangnya masih ada saja orang-orang yang kerap melakukan kesalahan dalam membeli kulkas, sehingga pada akhirnya mereka merasa menjadi tidak puas berujung kecewa.

Baca juga: 6 Hal yang Membuat Kulkas Cepat Rusak

Agar menjauhkanmu dari hal yang demikian, berikut ini 10 kesalahan yang harus dihindari saat membeli kulkas baru, dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (27/3/2021).

1. Tidak menentukan ukuran kulkas dari ruang yang tersedia

Penting untuk mengetahui luas ruang sebenarnya yang akan digunakan untuk meletakkan kulkas baru, karena ukuran kulkas lamamu tentu akan berbeda dengan kulkas barumu

Karena kamu tidak mengukur ruang penempatan kulkas, jangan sampai penempatan kulkas barumu jadi harus dipindahkan dari tempat semestinya, sehingga kamu perlu mendekorasi ulang.

2. Tidak tahu bagaimana menentukan ukuran ruang yang dibutuhkan kulkas

Meletakkan kulkas yang lebih besar dari ruang yang ada, tanpa mempertimbangkan jarak yang diperlukan untuk ventilasi yang baik dari kompresor kulkas akan menyebabkan unit kulkas rusak sebelum waktunya.

Baca juga: Cara Membersihkan Bunga Es yang Menumpuk di Freezer Kulkas

Oleh karena itu, ruang maksimum untuk meletakkan kulkas barumu adalah 1-2 inci dari ukuran kulkasmu.

3. Tidak memeriksa berbagai jenis kulkas

Ada banyak jenis dan merek kulkas yang dirancang untuk digunakan manusia. Jadi, biasakan dirimu dengan berbagai jenis kulkas sebelum memutuskan satu untuk dibeli.

4. Tidak mendapatkan jenis yang tepat yang sesuai dengan keluarga atau kebutuhan gaya hidupmu

Karena ada pro dan kontra yang bervariasi untuk setiap jenis kulkas, kamu harus mempertimbangkan apakah karakteristik kulkas yang dipilih sesuai dengan kebutuhan gaya hidup keluarga atau tidak.

Misalnya, jika kamu memiliki anak yang usil untuk terus-terusan membuka kulkas, seharusnya kamu memilih kulkas dengan fitur kunci anak yang akan sangat berguna.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com