Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2021, 13:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan cicak yang menempel di dinding ruangan rumah tentu membuat risih dan tidak nyaman karena bisa membawa banyak masalah.

Cicak adalah hewan merayap yang pembawa patogen berbahaya dan mikro-organisme yang merugikan kesehatan manusia. Kotoran cicak juga bisa mengotori rumah serta tampilan dinding. 

Baca juga: 6 Cara Basmi Cicak di Rumah, Pakai Telur dan Bawang

Ada banyak cara mengusir cicak dari rumah. Dilansir beberapa sumber, Sabtu (22/5/2021), berikut ini adalah cara efektif mengusir cicak dari rumah. 

Cangkang telur

Cicak sangat tidak suka dengan bau telur sehingga menyimpan beberapa cangkang telur di tempat mereka berada bisa membuatnya pergi. 

Baca juga: Jangan Pernah Menginjak Hama Ini Bila Muncul di Rumah Anda

Untuk lebih mudah, tumbuk cangkang telur hingga menjadi serpihan kecil. Setelah itu, kumpulkan serpihan tersebut dan masukkan ke kantong plastik yang sudah dilubangi.

Selanjutnya, gantungkan serpihan cangkang telur di dekat ventilasi atau jendela agar cicak tak berani lagi mendekati rumah. 

Baca juga: 6 Hama yang Sering Menyerang Tanaman Hias dan Cara Membasminya

Semprotkan obat nyamuk 

Menyemprotkan obat nyamuk semprot bisa mengusir cicak dari rumah. Semprot atau oleskan cairan obat nyamuk semprot pada daerah-daerah yang sering dihinggapi cicak.

Obat nyamuk berfungsi mengusir nyamuk yang menjadi santapan utama cicak. Jadi, apabila jumlah nyamuk di rumah berkurang, cicak akan kabur mencari tempat lain. 

Baca juga: Tanda Keberadaan Hama yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

Bawang putih

Aroma bawang putih juga dapat mengusir cicak. Gantung beberapa siung bawang putih atau semprotkan sedikit air bawang putih yang diblender ke sekitar dinding rumah untuk membuat cicak pergi.

Bubuk kopi dan tembakau

Buat bola-bola kecil berisi bubuk kopi dan tembakau di dalam plastik yang sudah dilubangi kecil-kecil dengan jarum. Letakkan bola bubuk kopi dan tembakau di sekitaran tempat cicak sering berada. 

Baca juga: Seberapa Efektif Pengusir Tikus dan Hama Ultrasonik?

Karena kedua bahan ini memiliki aroma sangat menyengat, itu bisa berakibat fatal bagi cicak dan membunuhnya sehingga membuatmu berurusan dengan bangkai cicak.

Lada hitam

Untuk mengusir kehadiran cicak, gunakan lada hitam. Cukup taburkan lada hitam di area yang sering dilalui hewan merayap tersebut untuk mencegah mereka datang kembali. 

Baca juga: 6 Hama Serangga yang Sering Menyerang Tanaman dan Cara Membasminya

Kamper

Kamper atau kapur barus juga efektif mengusir cicak untuk selamanya. Simpan kamper di rak atau lemari dapur, tempat cicak tidak boleh masuk. Aroma dari kamper akan mengalihkan perhatian dan pada akhirnya mengusir cicak.

Semprotkan air dingin

Cicak tak suka sesuatu yang dingin seperti udara dingin dan air dingin. Jadi, manfaatkan kelemahan ini untuk mengusirnya. 

Baca juga: 9 Bahan Alami untuk Membasmi Hama di Rumah, Apa Saja?

Siapkan semprotan air dingin dan semprotkan saat melihat cicak di dinding. Ini akan mengejutkannya dan membuat cicak enggan kembali. 

Sabun pencuci piring

Campuran air dan sabun pencuci piring juga bisa mengusir cicak yang mengganggu. Masukan air dan sabun pencuci piring ke botol semprotan. Buat kedua bahan tersebut larut merata. 

Baca juga: Simak, 9 Pertanyaan Umum Tentang Hama Tikus di Rumah

Semprotkan larutan air sabun ke tubuh cicak yang menempel di dinding. Incar bagian kepalanya untuk hasil yang fatal.

Semprotkan air larutan sabun pencuci piring berkali-kali ke kepala cicak sehingga membuatnya mabuk dan jatuh ke lantai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com