Kompas.com - 22/05/2021, 10:32 WIB
Ilustrasi kucing Egyptian Mau. SHUTTERSTOCK/SARAH FIELDS PHOTOGRAPHYIlustrasi kucing Egyptian Mau.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing memiliki ragam tingkah laku yang menarik dan unik, sama halnya seperti manusia, mereka juga kerap menunjukkan emosinya melalui bahasa tubuhnya, termasuk ketika kucing mau mati.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (22/5/2021), mengenal tanda-tanda kucing mau mati apat membantu Anda membuat hewan peliharaan sakit atau lebih tua lebih nyaman di akhir hidupnya.

Menurut laman FelineCRF.org, banyak tanda medis yang menunjukkan seekor kucing hampir mati. Gejala pasti yang ditunjukkan kucing tergantung pada penyakit apa yang dideritanya.

Baca juga: 4 Penyebab Feses Kucing Sangat Bau dari Biasanya

Namun, ada beberapa tanda kucing akan mati yang umum terjadi, yakni sebagai berikut.

1. Penurunan berat badan ekstrim

Penurunan berat badan sangat umum terjadi pada kucing senior. Beberapa di antaranya disebabkan oleh kehilangan otot yang normal.

Seiring bertambahnya usia kucing, tubuhnya menjadi kurang efisien dalam mencerna dan membangun protein, menyebabkannya kehilangan massa otot. Kucing mungkin makan dengan baik, tetapi masih menurunkan berat badan.

Seiring waktu, penurunan berat badan bisa menjadi ekstrem. Beberapa kucing tua atau sakit bisa menjadi sangat kurus, dengan tulang rusuk, tulang belakang, dan tulang pinggul menonjol di bawah kulitnya.

 

Baca juga: 3 Bagian Tubuh yang Tidak Disukai Kucing untuk Dielus

Cachexia adalah bentuk tertentu dari penurunan berat badan yang ekstrim yang disebabkan oleh kanker, di mana sel kanker yang membelah dengan cepat membutuhkan begitu banyak energi sehingga tubuh memecah simpanan lemak dan ototnya untuk bahan bakar.

Kucing dengan hipertiroidisme dan penyakit ginjal kronis juga sering mengalami penurunan berat badan.

2. Bersembunyi

Bersembunyi adalah tanda penyakit pada kucing, tetapi sulit untuk didefinisikan. Banyak kucing biasanya bersembunyi.

Hal-hal yang harus diperhatikan termasuk meningkatkan persembunyian, bersembunyi di tempat baru, dan tidak ingin keluar bahkan untuk acara positif rutin seperti waktu makan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.