6 Cara Basmi Cicak di Rumah, Pakai Telur dan Bawang

Kompas.com - 27/11/2020, 16:02 WIB
Cicak WikimediaCicak

JAKARTA, KOMPAS.com - Cecak yang menempel di segala penjuru ruang di dinding rumah pasti menjadi hal yang tidak disukai pemilik rumah, terlebih jumlahnya banyak.

Binatang satu ini adalah gangguan nyata dan merupakan pembawa patogen berbahaya dan mikro-organisme. Kotoran cecak pun bisa merusak kebersihan rumah dan penampilan dinding.

Meskipun cecak agak membantu untuk menyingkirkan nyamuk, lalat kecil dan serangga di rumahmu, tetapi mereka bukan pemandangan yang bagus dilihat berkeliaran di sekitar dinding rumah.

Baca juga: Banyak Semut di Rumah? Basmi dengan 5 Cara Mudah Ini

Untuk menjauhkan cecak dari rumahmu, kamu membutuhkan tips efektif untuk membasmi cecak, karena tamu tak diundang sering berjalan seenaknya seolah-olah mereka adalah pemilik rumah.

Berikut ini 5 solusi efektif untuk membasmi cecak di rumah secara alami yang dikutip dari beberapa sumber, Jumat, (27/11/2020).

1. Cangkang telur

Cecak menolak akan bau telur, sehingga menyimpan beberapa cangkang telur di sekitar pintu dan jendela atau beberapa tempat lain di dalam rumah akan mencegah mereka masuk dan akan menjauhkan mereka.

Untuk lebih mudah, hal yang harus kamu lakukan adalah menumbuk cangkang telur hingga jadi serpihan kecil. Setelah itu kumpulkan serpihan tersebut dan masukkan ke dalam kantong plastik yang sudah dilubangi.

Baca juga: Cara Ampuh Basmi Kecoa di Rumah

Selanjutnya, gantungkan serpihan cangkang telur di dekat ventilasi atau jendela agar cicak tak berani lagi mendekati rumah.

2. Bawang putih

Aroma bawang putih juga dapat mengusir cecak. Gantung beberapa siung bawang putih atau semprotkan sedikit air bawang putih yang diblender di sekitar rumah untuk menjauhkan cicak dari rumahmu.

3. Bola kecil kopi dan bubuk tembakau

Buat bola-bola kecil berisi kopi dan bubuk tembakau dan tempelkan pada batang korek api atau tusuk gigi. Tinggalkan dua bahan ini di lemari dan tempat lain di mana cecak sering terlihat.

Campuran dua bahan ini bisa berakibat fatal bagi cecak karena dapat membunuhnya. Cara satu ini akan membuatmu berurusan dengan bangkai cecak. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X