Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2020, 15:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mendekorasi kamar seperti memilih cat dan berbagai aksesori, memilih tempat tidur untuk di kamar bayi juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan.

Sebab, salah memilih tempat tidur bayi akan berpengaruh dengan keamanan serta kenyamanan tidur bayi.

Dilansir dari Healthy Children, Jumat (27/11/2020), ada beberapa aspek yang harus diperhatikan sebelum memilih tempat tidur bayi. 

Baca juga: Ide Dekorasi Kamar Bayi, Warna Dinding hingga Furnitur

Pemeriksaan keamanan semua furnitur bayi

Periksa seluruh furnitur yang memenuhi syarat keamanan dan sesuai dengan usia bayi. Jika ingin menggunakan box bayi, pastikan celahnya tidak terlalu besar, yakni 2 3/8 inci atau kurang, agar kepala bayi terhindar dari tersangkut.

Selain itu perhatikan jenis cat yang digunakan di furnitur tersebut, apakah aman untuk anak-anak seusianya.

Pilihlah tempat tidur yang memiliki ujung tumpul, jangan sampai ujung tempat tidur berbahaya untuk bayi Anda.

Selain itu, pemilihan kasur pun harus pas dengan tempat tidurnya, jangan sampai ada celah agar tangan ataupun kaki bayi tidak terjepit.

Tempat tidur setidaknya setinggi 26 inci dari atas tempat tidur, dan turunkan kasur jika anak semakin berkembang.

Baca juga: Ide Dekorasi Kamar Anak Perempuan, dari Bayi hingga Remaja

Perhatikan peletakkan box

Yang harus diperhatikan adalah hindari meletakkan boneka di dalam box bayi, karena jika si bayi sudah merambat, ia akan menggunakannya sebagai pijakan. Tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan bayi jatuh.

Kemudian tempatkan box jauh dari jendela, karena sinar matahari langsung dapat membuat bayi tidak nyaman. Hindari peletakkan di dekat gorden karena dapat melilit leher bayi.

Untuk menambah keamannya, letakkan kasur lantai di bawah tempat tidurnya, karena ketika bayi sudah mulai berkembang tidak menutup kemungkinan untuk turun sendiri ke bawah.

Jika Anda tidak memiliki ruangan dengan luas terbatas, memilih tempat tidur bayi atau box bayi dengan penyimpanan di bawahnya bisa menjadi pilihan. Anda bisa meletakkan berbagai barang seperti pampers, selimut, pakaian, dan lainnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com