Kompas.com - 19/04/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi menanam seledri dalam pot tanah. SHUTTERSTOCK/LINDA COOKE WORDS AND IMAGESIlustrasi menanam seledri dalam pot tanah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di dalam tanah, kalsium adalah salah satu dari empat makronutrien yang sangat penting untuk pertumbuhan tanaman dan membuat tanaman tidak mudah terserang penyakit dan hama.

Akan tetapi, dilansir dari The Spruce, Senin (19/4/2021), jika menyangkut kalsium, lebih banyak tidak selalu lebih baik.

Terlalu banyak kalsium di tanah kebun Anda bisa sejalan dengan pH tinggi, yang berarti tanah terlalu basa, yang kemudian memengaruhi penyerapan makronutrien yang terkandung dalam pupuk lain.

Baca juga: Tanah Seperti Apa yang Dibutuhkan Tanaman? Ini Penjelasannya

Ingatlah bahwa pada tumbuhan hidup, kalsium berpindah dari ujung akar ke atas ke seluruh tumbuhan dengan air melalui transpirasi. Itulah mengapa penyiraman yang cukup selalu penting.

Setelah kalsium mencapai tujuannya, seperti jaringan atau ujung baru yang muda, kalsium akan tetap ada. Tingkat kalsium di tanah tidak menunjukkan berapa banyak yang sebenarnya dapat diserap oleh tanaman.

Istilah kunci untuk penyerapan kalsium tanah adalah Cation Exchange Capacity (CEC). Bayangkan tanah seperti tangki penyimpanan nutrisi tanaman untuk kalsium dan magnesium.

CEC adalah kemampuan relatif tanah untuk menyerap dan menahan unsur hara tertentu dalam bentuk kation.

Baca juga: Ini Ciri-ciri Tanah Kekurangan Unsur Nitrogen

Mengetahui hal ini, pertanyaan apakah tanaman Anda mendapatkan cukup kalsium, dan apa yang dapat Anda lakukan jika tidak, terkait langsung dengan tingkat CEC. Ini juga terkait dengan pH tanah, tanah dengan tingkat pH yang lebih tinggi biasanya mengandung lebih banyak kalsium yang tersedia.

Tanda-tanda tanaman kekurangan kalsium

Meskipun tes tanah adalah cara paling pasti untuk menentukan apakah Anda perlu memperbaiki tanah Anda, ada juga beberapa tanda kekurangan kalsium pada tanaman.

Seperti, pertumbuhan kerdil atau lemah, daun atau pucuk muda melengkung, daun atau tunas muda hangus, pertumbuhan tunas terhambat, ujung akar kerdil atau mati, bekam daun dewasa, klorosis, ujung daun gosong, dan kerusakan buah seperti busuk ujung mekar tomat dan pahit di apel semuanya bisa menjadi tanda kekurangan kalsium.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X