Kompas.com - 11/04/2021, 08:13 WIB
Ilustrasi menanam seledri dalam pot tanah. SHUTTERSTOCK/LINDA COOKE WORDS AND IMAGESIlustrasi menanam seledri dalam pot tanah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu faktor yang menyebabkan tanaman tidak tumbuh subur adalah kekurangan unsur yang diperlukan di dalam tanah. Kekurangan ini membuat tanaman tidak mampu untuk tumbuh dengan baik.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Sabtu (11/4/2021), kekurangan nitrogen di dalam tanah sering kali menyebabkan tanda-tanda yang terlihat pada dedaunan atau mekarnya tanaman Anda.

Karena nitrogen adalah bahan utama yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan tanaman, kekurangan nitrogen biasanya terlihat saat tanaman masih muda, sehingga Anda dapat memperbaiki masalah di awal musim berkebun.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Indoor yang Bisa Tumbuh Tanpa Tanah

Berikut beberapa tanda kekurangan nitrogen di dalam tanah.

1. Pertumbuhan tanaman lambat

Tanpa nitrogen yang cukup, pertumbuhan tanaman akan lambat dengan batang kurus dan daun kecil. Bibit mungkin gagal bertambah besar seiring bertambahnya usia dan mungkin tampak kerdil.

Sistem perakaran lemah dan mungkin tidak mendukung pertumbuhan tanaman.

2. Kondisi daun tidak prima

Daun biasanya gagal mencapai ukuran yang diharapkan. Daun bagian bawah mulai menguning dan mungkin rontok dari batang, sedangkan daun bagian atas tampak berwarna normal.

Saat tanaman matang, daun di bagian atas tanaman tidak memiliki warna hijau yang kaya dan mulai menguning jika kekurangan tersebut tidak diperbaiki.

Baca juga: Bisakah Tanaman Herbal dan Tanaman Hias Hidup Tanpa Tanah?

2. Bunga mekar tidak sempurna

Tanaman berbunga menghasilkan bunga yang lebih kecil dari biasanya yang mungkin layu dan mati lebih cepat dari yang diharapkan. Karena tanaman tidak memiliki sumber daya untuk menopang pertumbuhan, buah yang dihasilkan berukuran kecil.

Penyebab tanah kekurangan nitrogen

Kekurangan nitrogen terjadi di tanah yang diubah dengan bahan organik yang tidak cukup terdekomposisi.

Karena produk ini, seperti jerami, serbuk gergaji, atau potongan rumput menggunakan nitrogen dari tanah saat terurai, produk ini dapat merampas nitrogen dari tanah Anda, sehingga nitrogen tidak mencukupi untuk mendukung pertumbuhan tanaman yang sehat.

Tanah berpasir dan daerah dengan curah hujan tinggi rentan terhadap pencucian nitrogen, membuat tanah Anda kekurangan nitrogen.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X