Kompas.com - 15/04/2021, 04:04 WIB
Ilustrasi tikus di halaman rumah. PIXABAY/422737Ilustrasi tikus di halaman rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus adalah salah satu hama yang keberadaannya mengganggu di rumah. Tidak hanya merusak berbagai benda, tikus juga bisa menyebarkan penyakit.

Untuk membasmi tikus, Anda mungkin tergoda untuk menggunakan perangkap atau racun tikus. Akan tetapi, keduanya dapat menimbulkan risiko bagi anjing, anak-anak, dan lingkungan.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Kamis (15/4/2021), berikut enam cara untuk membersihkan pekarangan rumah Anda dari tikus-tikus yang mengganggu.

Baca juga: Mau Pasang Perangkap Tikus di Rumah? Ketahui 8 Hal Ini Dulu

1. Minyak peppermint

Tikus tidak suka bau minyak peppermint, jadi ini cara efektif untuk mengusirnya. Basahi beberapa bola kapas dengan 100 persen minyak peppermint murni.

Kemudian, letakkan di berbagai tempat di sekitar pekarangan rumah, termasuk garasi dan gudang. Lakukan ini kembali beberapa kali seminggu.

2. Catnip

Catnip disukai kucing, tapi tidak disukai tikus. Tanam catnip di beberapa tempat di sekitar pekarangan rumah Anda.

Tempatkan catnip di mana Anda menduga ada tanda-tanda aktivitas tikus, dilihat dari adanya sarang atau kotoran tikus.

Baca juga: Tanaman Herbal yang Bisa Mengusir Tikus, Apa Saja?

3. Singkirkan sumber makanan dan air

Tikus akan mencari sumber makanan atau air di pekarangan rumah Anda. Pastikan keran tidak menetes dan singkirkan mangkuk makanan hewan atau wadah air di malam hari.

Jika Anda suka membuat kompos, simpan dengan aman dan kubur semua bahan organik jauh di dalam tempat sampah. Pastikan tertutup rapat di tempat sampah dan jangan tinggalkan kantong sampah di luar untuk waktu yang lama.

4. Jaga kebersihan pekarangan rumah

Anda dapat mencegah tikus dengan menjaga kebersihan dan kerapian pekarangan rumah. Singkirkan tumpukan kayu, buah yang jatuh dari pohonnya, dan pangkas tanaman yang tumbuh terlalu lebat.

5. Gunakan jaring tanah

Jika Anda ingin melindungi tanaman baru dari tikus, letakkan jaring di bawah tanah. Ini akan mencegah tikus menggali dan memakan akar dan umbi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X