Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2021, 07:28 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave menjadi alat yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi saat bulan Ramadan.

Kemampuannya untuk menghangatkan makanan dengan cepat dapat menghemat waktu waktu memasak, dan mempercepat waktu persiapan makanan.

Namun, seperti yang dilansir dari Real Simple, Rabu (14/4/2021), berbeda dengan lemari es yang dapat menampung semua makanan, ada beberapa bahan makanan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam microwave.

Baca juga: Pakai 3 Bahan Ini, Microwave Bersih Seperti Baru

Beberapa makanan, minuman, dan wadah dapat melepaskan racun, membakar, meleleh, atau bahkan meledak jika dipanggang kurang dari satu menit.

Beberapa bahkan mungkin berubah menjadi racun. Beberapa dari makanan ini cukup umum, Anda bahkan mungkin sudah memanaskannya di microwave.

Hanya karena sesuatu yang buruk tidak terjadi, bukan berarti tidak akan terjadi, jadi lindungi diri Anda dan orang lain di dapur dengan tidak memanaskan makanan dan benda ini di microwave.

1. Cabai

Cabai merah, oranye, atau hijau, mengandung senyawa yang disebut capsaicin yang memberi rasa pedas.

 

Baca juga: 8 Hal yang Bisa Memperpendek Masa Pakai Microwave

Saat cabai dipanaskan, terutama varietas yang sangat panas, capsaicin di dalamnya menguap ke udara tertutup microwave. Membuka pintu microwave membuat Anda terkena asap yang dapat mengiritasi dan membakar paru-paru, tenggorokan, mata, dan hidung Anda.

2. Telur rebus

Saat telur di dalam cangkang dan yang dikupas dipanaskan dalam microwave, mereka melepaskan uap. Uap tidak bisa lepas dari putihnya, sehingga tekanan terbentuk.

Saat Anda memotong, atau lebih buruk lagi, menggigit, ke dalam telur, uapnya langsung keluar. Ledakan yang diakibatkan dapat membakar Anda.

Jika Anda ingin memanaskan telur untuk salad, camilan, atau roti panggang, Anda bisa mengirisnya menjadi seperempat dan memanaskannya dengan lembut di microwave.

Jika Anda punya waktu beberapa menit, masukkan satu ke dalam secangkir air panas, dan diamkan selama 3 sampai 5 menit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com