Kompas.com - 18/03/2021, 15:49 WIB
Ilustrasi microwave oven. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi microwave oven.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan melesatnya kemajuan teknologi, kegiatan memasak makanan di rumah bisa semakin terasa mudah dengan adanya kehadiran oven microwave.

Bagi kamu yang memilikinya, tentu kamu tak ingin peralatan elektronik dapur satu menjadi cepat rusak atau ini tidak bisa bertahan lama digunakan, mengingat harga sebuah microwave cukup mahal bagi sebagian orang.

Oleh karena itu, kamu perlu memperlakukan microwave dengan baik, sehingga microwave akan bertahan selama mungkin.

Baca juga: 10 Makanan yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Dalam Microwave

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (18/3/2021), hindari tindakan berisiko ini dan microwavemu akan tersedia selama bertahun-tahun yang akan datang.

1. Tidak membersihkan microwave

Salah satu tips paling sederhana (tapi mungkin menjengkelkan) untuk menjaga agar microwave milikmu bertahan lama adalah membuatnya tetap bersih.

Mungkin kamu hanya membersihkan microwave saat ada kekacauan yang cukup besar, tetapi kamu tidak boleh meninggalkan noda kecil setiap hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sedikit makanan yang tertinggal di pinggiran dalam microwave akan terus menyerap energi selama penggunaan microwave berikutnya, dan akan membakar interior dalam jangka waktu yang lebih lama,” jelas John Bedford, pendiri Viva Flavour.

Baca juga: 5 Wadah yang Tidak Boleh Dimasukkan ke dalam Microwave

Pada dasarnya, microwave milikmu mengeluarkan upaya yang tidak perlu untuk "memanaskan" lagi sisa makananmu sebelumnya, yang pada akhirnya akan berdampak pada komponen dan memperpendek masa pakai alat.

Jadi bersihkan microwavemu setelah digunakan. Lalu bersihkan lebih dalam dan menyeluruh sebulan sekali, yang mencakup eksterior dan mekanisme pintunya juga.

2. Memanaskan makanan tertentu dengan microwave

Satu hal penting yang harus diketahui oleh setiap pengguna microwave adalah makanan yang tidak boleh kamu masak di microwave.

Makanan tertentu seperti kentang atau telur dapat meningkatkan tekanan saat dipanaskan dalam microwave.

Kamu harus menghindari memasak telur utuh dalam microwave, karena air yang terkandung dalam telur dapat memanas dan mengembang.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.