Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2020, 11:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kegiatan rutin membersihkan rumah, microwave atau microwave oven seringkali terlupakan.

Kalaupun ingat membersihkan microwave oven, hanya bagian permukaan luarnya yang dibersihkan. Akan tetapi, sebenarnya yang terpenting adalah membersihkan bagian dalam microwave oven.

Dilansir dari Good Housekeeping UK, Rabu (16/12/20209), tanpa pembersihan rutin, bagian dalam microwave oven bisa dipenuhi oleh sisa-sisa makanan dan bau makanan yang beragam. Bila berlarut-larut, microwave oven Anda bisa rusak.

Baca juga: Panduan Mudah Membersihkan Microwave

Berikut ini cara membersihkan microwave oven dengan mudah.

1. Gunakan lemon untuk menghilangkan bau

Untuk menghilangkan bau dan sisa makanan yang mengering, tambahkan irisan lemon atau beberapa sendok makan cuka ke dalam mangkuk berisi air dingin. Pastikan mangkuk tidak lebih dari setengah penuh.

Panaskan sampai air mendidih dan jendela microwave oven menjadi beruap. Diamkan selama 15 menit hingga dingin sebelum membuka pintu microwave oven.

Kemudian, lap bagian dalam microwave oven dengan tisu dapur hingga mengering. Jangan lupa juga mengelap tombol-tombol dan kenop microwave oven, serta bagian atas perangkat.

Baca juga: Tak Cuma Memanaskan, Microwave Juga Bisa Dipakai Memasak Makanan

Jika Anda memiliki microwave dengan interior akrilik atau berlapis cat, seka dengan kain dan larutan air hangat dan cairan pembersih. Jangan pernah menggunakan bahan-bahan yang abrasif.

2. Bersihkan pelat kaca secara teratur

Sebelum membersihkan pelat kaca pada bagian dalam microwave, pastikan membaca buku manual untuk model microwave Anda. Selain itu, pastikan dapur memiliki ventilasi yang baik saat Anda membersihkan microwave. 

Ilustrasi membersihkan microwave. SHUTTERSTOCK/GOFFKEIN PRO Ilustrasi membersihkan microwave.

3. Bersihkan lapisan karet microwave oven dengan cuka

Jangan lupa untuk membersihkan rubber seal atau lapisan karet pada microwave oven dengan kain lembab, karena kotoran bisa terperangkap di sana.

Bersihkan jendela microwave oven dengan campuran setengah cuka dan setengah air, lalu keringkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com