Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Mewujudkan Rumah yang Lebih Berkelanjutan

Kompas.com - 15/12/2020, 19:21 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah berkelanjutan yang lebih ramah lingkungan tidak harus rumit. Saat ini, ada banyak alternatif untuk bisa menjaga lingkungan tanpa harus bersusah payah.

Untuk membuat rumah berkelanjutan, kamu hanya perlu memodifikasi hal-hal kecil yang akan membuat perubahan besar. Itu sepadan, bukan?

Dengan pesan ini, kamu akan dapat memiliki kehidupan yang lebih sadar dan menghormati semua yang ada di sekitarmu. Apakah kamu siap untuk transformasi?

Baca juga: Ketersediaan Rumah untuk MBR Bakal Bertambah?

Rumah yang lebih berkelanjutan mungkin untuk diciptakan. Baca artikel ini dan kamu akan melihat bahwa itu jauh lebih mudah daripada yang terlihat, dilansir dari Decortips, Selasa, (15/12/2020).

Mulailah merawat dengan baik seluruh harta bendamu di rumah

Untuk memiliki rumah yang lebih berkelanjutan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghargai dan menjaga apa yang kamu miliki, seperti furnitur, perabot rumah tangga, produk elektronik, pakaian, aksesori, dan semacamnya.

Dengan begitu, kamu akan membuatnya bertahan lebih lama dan akan terhindar dari konsumsi yang tidak bertanggung jawab.

Dalam menggunakan sebuah barang di rumah, kamu perlu berhati-hati dan gunakan dengan benar. Selain itu, kamu bisa merawat sesuai dengan kebutuhan khusus mereka.

Baca juga: Jendela Rumah Harus Dibuka Sehari Sekali, Kenapa?

Misalnya, jika memiliki furnitur kayu, terkadang kamu harus menggunakan minyak dan pernis khusus agar kondisinya tetap baik dan tahan lama.

Untuk kain, baca instruksi pencucian dengan hati-hati. Melakukan ini akan memastikanmu mencucinya dengan benar dan menghindari kerusakan.

Ubah kebiasaan konsumtif dan jaga konsumsi

Jika kamu mengubah beberapa kebiasaanmu seperti mematikan lampu saat meninggalkan ruangan dan berhati-hati dengan AC dan pengering, kamu akan mengurangi konsumsi energi.

Ketika berbicara tentang pembelian bola lampu, gantilah dengan lampu LED konsumsi rendah. Kemudian kamu akan melihat pengeluaranmu turun dan ini adalah isyarat positif bagi planet ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com