Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Benda di Rumah yang Harus Dijemur di Bawah Sinar Matahari

Kompas.com - 13/12/2020, 09:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan cuma pakaian yang harus dijemur di bawah sinar matahari. Benda-benda lain yang sering dipakai di rumah pun harus secara rutin terpapar sinar matahari.

Sebab, sinar matahari merupakan disinfektan alami. Sinar ultraviolet atau UV dapat membunuh tungau, jamur, dan bahkan bakteri.

Dengan demikian, manfaatkanlah kekuatan sinar matahari untuk menjemur beberapa benda penting yang ada di rumah agar terbebas dari bakteri, jamur, dan tungau yang mengganggu.

Baca juga: Seprai Baru Harus Dicuci Sebelum Digunakan? Ini Penjelasan Pakar

Apa saja benda tersebut? Dilansir dari Family Handyman, Minggu (13/12/2020), berikut uraiannya.

1. Kasur

Kenapa kasur harus dijemur? Sebab, seiring berjalannya waktu, semua jenis benda menjijikkan dapat menumpuk di kasur, termasuk alergen seperti tungau debu dan debu serta minyak tubuh alami.

Semua ini membuat kasur Anda kotor dan terkadang bau. Jadi, ketika hari cerah, gunakan kesempatan ini untuk menjemur kasur di bawah sinar matahari.

Mulailah dengan menyedot debu di kedua sisi kasur, lalu keluarkan kasur dan taruh di atas terpal atau lembaran plastik untuk menghindari kelembaban dan kotoran. Bisa juga menyadarkan kasur di dinding atau pagar.

Baca juga: Simak, Cara Menghilangkan Bau Pesing pada Kasur

Awasi kasur saat berada di luar ruangan, terutama jika tikus banyak terdapat di lingkungan Anda. Tiga atau empat jam di bawah sinar matahari sudah cukup untuk memungkinkan sirkulasi udara yang baik pada kasur.

Lebih baik lagi jika jemur kasur selama enam jam. Namun, pastikan Anda membawanya masuk sebelum senja agar kelembapan tidak meresap.

2. Bantal dan guling

Bantal dan guling, termasuk bantal sofa, juga akan mendapat manfaat dari sinar matahari. Bantal sofa biasanya kotor dan berdebu, sementara bantal dan guling bisa terkena noda keringat dan air liur.

Lepaskan sarung bantal dan bersihkan sesuai dengan label perawatan. Ada baiknya Anda juga mencuci bantal dan bantal sebelum dijemur di bawah sinar matahari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com