Kompas.com - 13/12/2020, 06:59 WIB
Ilustrasi membersihkan mesin cuci. SHUTTERSTOCK/ALEKS333Ilustrasi membersihkan mesin cuci.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci harus dibersihkan secara rutin. Sebab, selama ini mesin cuci bekerja membersihkan pakaian dan kain lainnya dari keringat, bakteri yang menyebabkan bau dan penyakit, serta kotoran lainnya.

Karena bersinggungan langsung dengan bakteri dan kuman di pakaian, mesin cuci menjadi sarang jamur, bakteri salmonella, dan makhluk mikro berbahaya lainnya. Oleh karena itu, cek apakah mesin cuci bau atau tidak dapat berfungsi normal.

Apabila mesin cuci bau atau fitur-fiturnya tidak berfungsi normal, maka segeralah bersihkan mesin cuci secara menyeluruh.

Baca juga: Manfaat Baking Soda untuk Mencuci Pakaian, Bisa di Mesin Cuci

Selain itu, mesin cuci juga harus dibersihkan dengan disinfektan agar terbebas dari bakteri.

Salah satu jenis disinfektan yang umum ditemui di rumah adalah cairan pemutih pakaian. Namun, apakah pemutih bisa digunakan untuk membersihkan mesin cuci?

Dilansir dari Express, Minggu (13/12/2020), hal pertama yang harus dilakukan adalah membaca buku manual mesin cuci, terkait perawatan dan pembersihan mesin cuci. Akan tetapi, biasanya orang membersihkan mesin cuci dengan pembersih khusus, cuka, atau kristal soda.

Namun demikian, secara umum sah-sah saja membersihkan mesin cuci dengan pemutih. Bahkan, kemungkinan pemutih akan membersihkan mesin cuci secara intensif, karena akan membunuh kuman dan bakteri yang menempel.

Baca juga: Kebiasaan-kebiasaan Ini Bikin Mesin Cuci Cepat Rusak

Jika Anda ingin membersihkan mesin cuci dengan produk pembersih yang lebih lembut, Anda bisa menggunakan cuka putih.

Cara membersihkan mesin cuci dengan pemutih

Sebelum membersihkan mesin cuci dengan pemutih, Anda perlu membersihkan filter dan gasket pintu mesin cuci.

Filter menjebak semua benda besar yang secara tidak sengaja masuk ke dalam mesin, dan jika terlalu penuh bisa membuat mesin cuci tidak berfungsi. Baca manual mesin cuci untuk menemukan filter dan temukan instruksi untuk membersihkannya.

Biasanya, Anda dapat membuka pintu dan melonggarkan filter, tetapi selalu letakkan handuk atau kain sebelum melakukannya untuk menampung kelebihan air. Cabut semua serat dan rambut yang terlihat, lalu jalankan filter di bawah air.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X