Kompas.com - 10/04/2021, 19:42 WIB
Ilustrasi mesin cuci. bestlifeonline.comIlustrasi mesin cuci.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci adalah salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang pekerjaannya sangat berat. Namun, sayangnya mesin cuci kerap luput dari aktivitas pembersihan.

Mengaku saja, apakah Anda membersihkan mesin cuci secara teratur? Banyak dari kita yang lupa atau melupakan pentingnya membersihkan mesin cuci.

"Anda harus membersihkan mesin cuci secara teratur jika tidak ingin merusak pakaian Anda," kata Katie Jennings, manajer wawasan teknis konsumen di Seventh Generation, seperti dikutip dari Well and Good, Sabtu (10/4/2021).

Baca juga: 8 Kesalahan yang Mungkin Kamu Lakukan dengan Mesin Cuci

“Sama seperti peralatan (elektronik) lainnya, Anda harus memeliharanya dengan benar. Pembersihan adalah bagian dari perawatan yang tepat untuk semua peralatan yang Anda inginkan agar tetap berfungsi lebih baik lebih lama," ujar Jennings.

Menurut Jennings, mesin cuci yang lebih modern sangat bagus dalam menghilangkan noda membandel seperti tanah, tetapi mereka melakukannya dengan lebih sedikit air. Pengurangan konsumsi air membuat mesin cuci lebih efisien, tetapi ini juga berarti kotoran di pakaian mungkin tidak bisa dibilas sepenuhnya.

“Anda mungkin menemukan bau, lapisan, atau perubahan warna, terutama tergantung pada model (mesin cuci) yang Anda miliki. Perawatan itu juga membantu menghindari bau apak dan memastikan tidak ada sisa saat Anda mencuci banyak pakaian lagi," jelas Jennings.

Untuk menjaga mesin cuci Anda beroperasi pada kinerja puncaknya, patuhi rutinitas pembersihan mingguan, bulanan, dan tahunan. Sebelum Anda mulai, baca petunjuk produsen untuk mempelajari cara membersihkan mesin cuci.

Baca juga: Pakaian Bau Setelah Dicuci dengan Mesin Cuci? Penyebab dan Solusinya

Cara membersihkan mesin cuci

1. Mingguan: Lap paking

Setelah digunakan, atau setidaknya seminggu sekali jika Anda mencuci lebih sering, Jennings merekomendasikan penggunaan kain lembab untuk menyeka paking, yaitu bagian karet di sekitar bukaan mesin yang menutup tutupnya.

“Kadang-kadang Anda bahkan bisa mengeluarkan tempat deterjen kecil dan tempat pelembut kain, dan itu menjadi sangat menjijikkan, dan Anda bisa membilasnya di wastafel dan menyekanya dengan kain itu,” sebut Jennings.

"Itu hanya untuk memastikan tidak ada penumpukan dari deterjen," imbuhnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X