Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2021, 18:24 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Panggangan roti atau pemanggang roti elektrik, alias toaster, merupakan salah satu produk elektronik rumah tangga yang biasanya terletak di dapur atau dekat dengan meja makan.

Alat satu ini umumnya dimiliki oleh orang-orang yang gemar memakan roti, yang mereka jadikan sebagai menu sarapan.

Apabila kamu adalah salah seorang yang memiliki panggangan roti dan sering menggunakannya, maka kamu wajib untuk rutin membersihkannya agar tetap higienis.

Baca juga: Cara Membersihkan Karpet agar Tetap Bersih Seperti Baru

Sebab, sisa-sisa roti yang tercecer di panggangan roti maupun debu dan kotor mungkin menumpuk di panggangan roti milikmu.

Remah-remah dan serpihan yang tersisa di dalam panggangan rotimu juga dapat merusaknya dalam jangka panjang.

Hal ini dapat menyebabkan pemanggang mengeluarkan percikan api yang juga dapat menyebabkan kecelakaan yang tidak diinginkan.

Jadi, untuk menghindari situasi buruk seperti itu, kamu perlu membersihkan panggangan roti dari segala macam partikel agar berfungsi dengan lancar dari waktu ke waktu.

Dilansir beberapa sumber, Sabtu (10/4/2021), ikuti tips pembersihan berikut ini, dan jaga panggangan rotimu bebas dari kotoran dan serpihan roti yang mengering.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Debu di Rumah untuk Anda yang Alergi

1. Matikan dan dinginkan panggangan roti

Langkah terpenting sebelum memulai pembersihan adalah mematikan panggangan roti dan tunggu mendingin apabila baru selesai kamu gunakan.

Kemudian cabut panggangan roti dan taruh di atas kertas koran. Ini akan membantumu mengumpulkan seluruh remah-remah bersamaan.

2. Bersihkan baki remah

Sebagian besar panggangan roti memiliki baki yang bisa dilepas di bagian bawah. Sebagian besar remah-remah disimpan di nampan ini.

Buang remah-remah dan bersihkan nampan ini dengan kain lembab atau spons. Menyeka baki dengan cuka akan semakin membersihkannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com