Kompas.com - 03/04/2021, 18:32 WIB
Ilustrasi mencuci pakaian. FREEPIK/FREEPIKIlustrasi mencuci pakaian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian menggunakan mesin cuci seharusnya menghasilkan pakaian yang bersih dan berbau segar, namun terkadang ada beberapa pakaian yang memiliki bau tak sedap walaupun setelah selesai dicuci.

Dilansir dari USA Today, Sabtu (3/4/2021), dalam hal kinerja, mesin cuci bukaan depan lebih unggul dalam segala hal daripada mesin cuci bukaan atas

Sebab, mesin cuci bukaan depan dirancang tidak hanya agar lebih efisien, tetapi juga lebih lembut pada pakaian sekaligus membersihkannya dengan lebih baik.

Baca juga: Cara Menghilangkan Berbagai Noda Makanan dari Pakaian Anak

Namun, bagian efisiensi itulah yang terkadang menyebabkan bau tak sedap. Mesin cuci bukaan depan depan berefisiensi tinggi menggunakan lebih sedikit air daripada mesin cuci bukaan atas, karena hanya mengisi bagian bawah bak cuci dengan air.

Karena drum berputar pada sumbu horizontal, pakaian Anda akan terjatuh di air, sehingga tidak perlu mengisi bak sepenuhnya.

Ketika Anda menggunakan deterjen serta pelembut lebih banyak daripada air akan membuat pakaian tidak bersih saat proses pembilasan. Drum akhirnya dilapisi dengan lapisan buih sabun, yang dengan sendirinya disertai dengan kotoran dari pakaian Anda.

Bagian dalam mesin cuci yang panas dan lembab cocok untuk tempat berkembangnya jamur, bakteri, dan jamur.

Baca juga: 5 Cara Mudah Membuat Ruang Ganti Pakaian dengan Anggaran Terbatas

Situasi bau diperparah oleh fakta bahwa mesin cuci bukaan depan menggunakan paking pintu karet agar air tidak bocor.

Kotoran, sabun, dan serpihan kain bisa terperangkap di bawah paking, sehingga menciptakan tempat berkembang biak lain untuk bau tak sedap.

Lantas, bagaimana agar mesin cuci terhindar dari bau tak sedap ini? Berikut beberapa caranya. 

Gunakan deterjen secukupnya

Jika Anda menggunakan mesin cuci bukaan depan, Anda harus selalu menggunakan deterjen yang dibuat untuk mesin berefisiensi tinggi.

Deterjen biasa hanya menghasilkan lebih banyak busa daripada yang dapat ditangani mesin cuci bukaan depan, artinya lebih sedikit busa berarti lebih sedikit buih untuk makhluk hidup bau menempel. Pelembut kain cair juga dilarang untuk mesin cuci bukaan depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber USA Today
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X