Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Mudah Membersihkan Mesin Cuci Secara Berkala

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci adalah salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang pekerjaannya sangat berat. Namun, sayangnya mesin cuci kerap luput dari aktivitas pembersihan.

Mengaku saja, apakah Anda membersihkan mesin cuci secara teratur? Banyak dari kita yang lupa atau melupakan pentingnya membersihkan mesin cuci.

"Anda harus membersihkan mesin cuci secara teratur jika tidak ingin merusak pakaian Anda," kata Katie Jennings, manajer wawasan teknis konsumen di Seventh Generation, seperti dikutip dari Well and Good, Sabtu (10/4/2021).

“Sama seperti peralatan (elektronik) lainnya, Anda harus memeliharanya dengan benar. Pembersihan adalah bagian dari perawatan yang tepat untuk semua peralatan yang Anda inginkan agar tetap berfungsi lebih baik lebih lama," ujar Jennings.

Menurut Jennings, mesin cuci yang lebih modern sangat bagus dalam menghilangkan noda membandel seperti tanah, tetapi mereka melakukannya dengan lebih sedikit air. Pengurangan konsumsi air membuat mesin cuci lebih efisien, tetapi ini juga berarti kotoran di pakaian mungkin tidak bisa dibilas sepenuhnya.

“Anda mungkin menemukan bau, lapisan, atau perubahan warna, terutama tergantung pada model (mesin cuci) yang Anda miliki. Perawatan itu juga membantu menghindari bau apak dan memastikan tidak ada sisa saat Anda mencuci banyak pakaian lagi," jelas Jennings.

Untuk menjaga mesin cuci Anda beroperasi pada kinerja puncaknya, patuhi rutinitas pembersihan mingguan, bulanan, dan tahunan. Sebelum Anda mulai, baca petunjuk produsen untuk mempelajari cara membersihkan mesin cuci.

Cara membersihkan mesin cuci

1. Mingguan: Lap paking

Setelah digunakan, atau setidaknya seminggu sekali jika Anda mencuci lebih sering, Jennings merekomendasikan penggunaan kain lembab untuk menyeka paking, yaitu bagian karet di sekitar bukaan mesin yang menutup tutupnya.

“Kadang-kadang Anda bahkan bisa mengeluarkan tempat deterjen kecil dan tempat pelembut kain, dan itu menjadi sangat menjijikkan, dan Anda bisa membilasnya di wastafel dan menyekanya dengan kain itu,” sebut Jennings.

"Itu hanya untuk memastikan tidak ada penumpukan dari deterjen," imbuhnya.


2. Bulanan: Jalankan siklus pembersihan tabung mesin cuci

Untuk pembersihan menyeluruh bulanan, Jennings menyarankan untuk membersihkan tabung mesin cuci.

“Ini akan memastikan bahwa air dan siklusnya cukup panas dan mencapai tempat-tempat yang perlu dijangkau untuk menghilangkan banyak kotoran dan menumpuk serta menghilangkan bau,” ujar Jennings.

Jika mesin cuci Anda cukup tua dan tidak memiliki fitur siklus pencucian dengan air hangat, periksa petunjuk untuk informasi tentang cara terbaik untuk membersihkannya.

"Jika produsen Anda menyarankan, atau jika kompatibel dengan mesin Anda, Anda juga dapat menambahkan aditif tambahan ke proses pembersihan," ungkap Jennings.

Pembersih tabung mesin cuci masuk ke semua celah kecil dan pipa di mesin cuci untuk membersihkannya dari dalam ke luar. Pembersih tabung mesin cuci sangat bagus untuk menghilangkan bau dan penumpukan air sadah.

Pemutih klorin atau cuka suling putih juga bisa digunakan, meskipun tidak sebaik pembersih bak khusus.

3. Sekali atau dua kali setahun: Bersihkan filter

Jika mesin cuci Anda memiliki filter, Jennings mengatakan Anda harus membersihkannya sekali atau dua kali setahun. Ini melibatkan pengurasan semua sisa kotoran dan air yang dapat terkumpul di mesin cuci.

“Anda mungkin harus menggunakan ember dan sarung tangan karena bisa sangat menjijikkan,” kata Jennings.

Filter menghilangkan partikulat yang sangat besar sebelum menuju ke septik atau sistem pembuangan limbah di rumah.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/10/194200876/3-cara-mudah-membersihkan-mesin-cuci-secara-berkala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke