Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2021, 08:41 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman di dalam wadah atau pot menjadi salah satu pilihan ketika tinggal di rumah atau tempat yang terbatas seperti apartemen yang hanya bisa memanfaatkan teras atau balkon.

Dilansir dari Hunker, Senin (29/3/2021) meskipun menanam tanaman di pot mudah dirawat, namun penting untuk mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan untuk memastikan hasil terbaik untuk tanaman Anda.

Pot Tanpa Lubang Drainase

Meskipun hampir semua jenis pot tahan lama dapat menampung tanah dan tanaman, pot terbaik untuk berkebun memiliki lubang drainase di bagian bawah.

Baca juga: Tanaman dalam Pot Ternyata Butuh Perawatan Ekstra Selama Musim Hujan

Pot yang tidak memiliki lubang drainase saat hujan lebat, air tidak akan mengalir kemana-mana dan tetap berada di dalam pot, yang dapat menyebabkan busuk akar.

Hujan yang menyebabkan kedalaman air di atas garis tanah dapat mematikan tanaman atau menghanyutkan benih, bibit, dan kecambah. Tidak ada drainase juga berarti Anda harus membuang air secara manual setiap kali tanah tergenang air.

Untuk mengatasi masalah ini, pilih pot berbeda dengan lubang di bagian bawah atau gunakan mata bor berukuran seperempat inci hingga setengah inci untuk membuat lubang setiap beberapa inci di sekitar bagian bawah pot plastik atau resin berukuran sedang atau besar.

Pot yang lebih kecil mungkin hanya membutuhkan satu lubang drainase. Banyak pot tanaman plastik dan resin terlihat kokoh di bagian bawah tetapi sebenarnya memiliki cakram kecil di bagian bawah yang dapat Anda dorong keluar untuk membuat lubang drainase yang sesuai.

Baca juga: Simak, Panduan Merawat Tanaman di Dalam Pot

Piring atau wadah yang pas di bawah setiap pot tanaman juga dapat membantu mencegah kekacauan di sekitar pot.

Gunakan Tanah Kebun

Tanah ini mungkin mengandung benih gulma, serangga atau larva serangga, dan tidak cocok untuk pot karena beberapa alasan lain.

Sekalipun tanah menghasilkan tanaman yang sehat di dalam tanah atau jika tampak seperti tanah yang baik, itu tidak akan berfungsi sama di dalam pot.

Tanah kebun secara umum terlalu berat dan padat untuk berkebun kontainer, yang menyebabkan masalah drainase dan aerasi jika digunakan dalam wadah. Hasil akhirnya adalah tanaman yang tidak tumbuh sebaik yang mereka miliki di tanah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com